Sukses

Keluar Darah Dari Luka Operasi

17 Mar 2017, 03:51 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok mau nnya saya sekitar 2mingg kemarin oprasi KET dan saluran tuba nya di potong satu sebelah kiri (kata dokternya) yang saya mau tnyakan setelah oprasi luka jahitan sudah di ambil dan dokter bilang jg sudah kering dan boleh mandi nah.. Karna saya sudah tidak pakai perban lg saya pikir sudah benar benar kering ternyata kmrin pas saya bgn tidur ada darah netes di bekas luka jahitan saya kasi cairan betadine sama lukanya saya tutup lagi sama kasa steril trus td pagi pas bgn tidur saya lihat yg kmrin berdarah sudah ga keluar lg tp gantian yang bagian atasnya.. Itu kenapa ya dok?apakah berbahaya trus apakah harus d jahit ulang soalnya saya ngeri kalau harus d jahit ulang...

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Luka operasi memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll).

Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang.

Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Basah/ lembab akibat darah atau cairan lain tidak baik bagi penyembuhan luka bekas operasi. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka bekas operasi.

Bekas luka yang basah menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka tersebut.

Namun sekali lagi kami tidak melakukan pemeriksaan terhadap kondisi pasca operasi Anda. Untuk itu, sebaiknya anda kembali memeriksakan diri kepada dokter yang melakukan operasi pada Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar