Sukses

Anak Terlambat Bicara

17 Mar 2017, 03:51 WIB
Wanita, 33 tahun.

Saya mempunyai anak usia 4,5 th.scra fisik dia trmasuk anak yg aktif,namun dia kurang cakap Dan fokus utk berbicara.namun dia bisa dgn coat menirukan kata2 Dr film2 animasi pendidikan yg dia tonton.saya harus konsultasi ke dokter spesialis ap kalo kasusnya sperti ini,spec.otak ap spec.tumbuh kembang anak?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Namun sebelumnya, kami perlu memperjelas, apa yang Anda maksud dengan "kurang cakap dan fokus untuk bicara"? Apakah maksudnya bicaranya belum lancar? Bila ya, maka kemungkinan anak Anda mengalami keterlambatan bicara.

Kemampuan bicara anak usia 4 tahun seharusnya sudah bisa berbicara dalam bentuk kalimat-kalimat seperti anak yang lebih besar.

Gangguan bicara dan bahasa adalah salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Penyebab keterlambatan bicara sangat luas dan banyak. Gangguan tersebut ada yang ringan sampai yang berat, mulai dari yang bisa membaik hingga yang sulit untuk membaik.

Keterlambatan bicara fungsional merupakan penyebab yang sering dialami oleh sebagian anak. Keterlambatan bicara golongan ini biasanya ringan dan hanya merupakan ketidakmatangan fungsi bicara pada anak. 

Terdapat 3 penyebab keterlambatan bicara terbanyak diantaranya adalah retardasi mental, gangguan pendengaran dan keterlambatan maturasi.

Keterlambatan maturasi ini sering juga disebut keterlambatan bicara fungsional. Gangguan ini sering dialami oleh laki-laki dan sering tedapat riwayat keterlambatan bicara pada keluarga. Biasanya hal ini merupakan keterlambatan bicara yang ringan dan kemungkinan sembuhnya baik. Pada umumnya kemampuan bicara akan tampak membaik setelah memasuki usia 2 tahun. Terdapat penelitian yang melaporkan penderita keterlambatan ini kemampuan bicara saat masuk usia sekolah normal seperti anak lainnya.

 

Untuk memastikan penyebab keteralmabatan bicara pada anak, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak ahli tumbuh kembang.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar