Sukses

Nafas Bau Seperti Minum Alkohol

17 Mar 2017, 00:55 WIB
Pria, 35 tahun.

Banyak yang bilang bau mulut saya seperti habis minum alkohol.padahal saya tidak konsumsi alkohol. Saya sudah gosok gigi pagi dan malam tapi kenapa bau mulut masih ada

Halo Jimmy,

Terimakasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter dan mohon maaf atas keterlambatan dalam penjawaban.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Sebanyak 80% bau mulut bersumber dari kesehatan mulut, seperti penyakit gusi, gigi berlubang, dan peradangan amandel. Akan tetapi, ada juga penyakit lain yang bisa menyebabkan bau mulut, salah satunya adalah penyakit maag.

Pada kondisi normal, makanan yang kita telan melalui mulut seharusnya akan masuk ke kerongkongan lalu kemudian masuk ke dalam lambung.

Di lambung, terdapat pintu lambung yang akan segera tertutup rapat apabila makanan yang kita telan sudah masuk ke dalam lambung dengan sempurna sehingga makanan tersebut akan tetap berada di dalam lambung dan tidak akan kembali ke arah kerongkongan.

Pada penderita maag, pintu lambung ini mengalami kerusakan sehingga cairan lambung bisa dengan bebas naik kembali ke arah kerongkongan, bahkan dapat naik hingga ke mulut. Naiknya asam lambung dari lambung kembali ke mulut berisi beberapa komponen, seperti sisa makanan, cairan empedu, dan asam lambung.

Naiknya asam ke arah kerongkongan sampai ke mulut merupakan suatu faktor yang bisa menyebabkan kondisi bau mulut. Bau mulut ini bisa dihilangkan apabila kita mengobati penyakit utama, yakni penyakit lambung.

Segera periksakan keluhan anda ke dokter internis (penyakit dalam) agar segera dapat ditangani.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar