Sukses

Berat Badan Bayi 18 Bulan

16 Mar 2017, 16:18 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamu'alaikum dokter. Nama anak saya hawwa(perempuan). Berat badan anak saya 75 tinggi 72. Umur 18bulan, asi. Susah sekali untuk dikasih makan, padahal saya sudah kasih madu utk Pertumbuhan dan nafsu makannya. Alhamdulillah sehat,lincah,umur 1th sudah bisa jalan.hanya sekali sakit seperti pilek,batuk, dan panas berat badann turun drastis sampai 6ons. Dan susah sekali untuk mencapai angka ideal pertumbuhan, hanya sedikit saja setiap bulan. Bahkan pernah segitu saja tidak naik dan tidak kurang.Anak saya agak penakut dan pemalu ketika diajak keluar rmh main bersama dgn sebayanya. Pertumbuhan giginya agak lambat umur 9bulan jalan baru tumbuh ,skrng gigi serinya sudah ada 8 di atas dan dibawah dan mau tumbuh lagi 4 gigi Graham atas dan bawah. Saya sangat khawatir dgn pertumbuhan berat badannya dan pola makannya. Karena saya agak bingung harus dikasih makan yg lembut/dibubur, apa harus yg keras mengingat usia yg sudah 1setengah tahun tp blm bisa makan yg kasar. Anak saya jg pencernaannya kurang baik babnya keras setelah dikasih susu kotak yg diberikan setiap posyandu saya pikir boleh untuk diberikan jd saya kasih ketika jajan diwarung. Apakah boleh diberikan susu sampingan selain asi agar berat badannya ideal, karena kata tetangga saya berat ideal dr bayi sampai balita umur setahun harusnya 3×lipat Dr usia lahir. Anak saya lahir 3kg. Berarti seharusnya sudah sampai 9kg.Lalu susu apa yg baik untuk tumbuh kembang dan pencernaan yg baik untuk anak saya dok. Dan Bagaimana solusi untuk balita ini dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada anak usia 18 bulan, berat badan idealnya adalah sebagai berikut :

Perempuan : 9 - 11.6 kg
Laki- laki : 9.8 - 12.2 kg

Bagaimana dengan pola makan anak selama ini? apakah si Kecil termasuk anak yang sangat aktif? pada anak yang aktivitasnya sangat tinggi, asupan makanannya perlu ditambah karena ia membutuhkan energi ekstra yang lebih besar dibandingkan anak lain seusianya.

Selain nutrisi, berat badan anak yang berada di bawah kisaran normal juga dapat disebabkan oleh adanya penyakit lain yang mendasari sehingga berat badan anak sulit naik padahal nafsu makan dan aktivitasnya normal.

Untuk itu, sebaiknya Anda membawa si Kecil ke dokter spesialis anak agar dapat diketahui secara pasti penyebab berat badan si Kecil berada di bawah kisaran normal. Penanganan yang tepat dan optimal sangat diperlukan mengingat ia masih pada 1000 hari awal hidupnya, di mana periode emas tumbuh kembangnya masih berlangsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar