Sukses

Fungsi oksigen bagi tubuh

16 Mar 2017, 16:10 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat pagi tim klik dokter. saya ingin bertanya apa fungsi oksigen bagi tubuh secara fisiologi dan anatomi. dan apakah pengaruhnya imt normal dan obes dengan kerja/pasokan oksigen di dalam tubuh terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan fitur layanan Tanya Dokter.

Tubuh manusia membutuhkan oksigen untuk hidup dan menjalankan fungsinya. Sistem respirasi atau pernafasan salah satunya. Bernafas dimulai dengan menghirup oksigen melalui hidung dan mulu, masuk ke tenggorokan, trakea dan paru - paru. Setelah oksigen masuk dan diserap ke peredaran darah melalui alveoli (bagian dari paru - paru) kemudian dibawa ke jantung. Jantung kemudian memompa darah yang kaya akan oksigen ke jaringan tubuh, organ dan sel - sel di seluruh tubuh. Sel - sel tubuh membutuhkan oksigen untuk proses pembentukan ATP atau energi.
Status kesehatan, aktivitas dan hidrasi mempengaruhi seberapa banyak oksigen dibutuhkan oleh orang tersebut. Semisal saat Anda berolahraga, Anda membutuhkan pasokan oksigen lebih banyak. Seseorang yang obesitas jika ia memiliki penyakit lain yang menyertai semisal penyakit jantung, asma atau gangguan lainnya tentu akan membutuhkan oksigen lebih banyak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar