Sukses

SIklus menstruasi Lebih dari 40 Hari

16 Mar 2017, 15:30 WIB
Pria, 22 tahun.

Dokter, siklus menstruasi saya rata2 melebihi 40hari. Tahun 2016, hanya mengalami menstruasi sebanyak 8x . 2x dengan siklus normal 6x dg siklus lebih dari 40 hari. Apakah ini masih bisa dikatakan normal ? Terakhir menstruasi saya tanggal 7 Januari 2017 yg lalu dan blm mendapat mens lagi sampai hari ini. Kemarin saya mengalami diare dan kram perut disertai sendawa yang lumayan sering. Apa ada hubungannya dg siklus mens saya ? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda adalah siklus haid 40 hari. 

Siklus menstruasi yang normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Keadaan Anda saat ini adalah oligomenorea. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
stres psikologis
atlit
kekurangan vitamin K
penggunaan obat-obatan tertentu
kelainan pembekuan darah
gangguan hormon tiroid, dsb
Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ reproduksi. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Saat menstruasi memang normal terjadi perut kembung dan kram perut. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG atau pemeriksaan hormon untuk mengetahui masalah yang Anda alami. Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar