Sukses

Jadwal Pemberian MPASI

16 Mar 2017, 15:17 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, beratbadan anak saya usia 11 bulan . Susah untuk bertambah mpasi pun sy berikan sehari 3x . Boleh kah dokter memberikan contoh kebutuhan kalori, protein dan lemak untuk bayi perempuan. Dan waktu yang baik untuk di berikan mpasi jam brapa saja ?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Pemberian MPASI pada anak memang harus dilakukan secara bertahap. Dimulai dari yang paling halus sampai dengan pengenalan makanan padat seperti nasi atau biskuit. Anak mulai diperkenalkan kepada MPASI saat ia menginjak usia 7 bulan setelah melewati periode pemberian ASI eksklusif sampai dengan usia 6 bulan. MPASI yang pertama kali diberikan umumnya disarankan bubur susu serta buah. Apabila anak sudah beradaptasi maka mulailah memperkenalkan nasi tim saring yang dilanjutkan nasi tim yang dihaluskan. Adapun jadwal pemberian makan anak di bawah usia 1 tahun (bayi) umumnya tergolong sering, yaitu setiap 3 jam. Sebagai contoh menunya adalah sebagai berikut:

Air susu ibu (ASI) diberikan sebanyak 4 hingga 5 kali
Pukul 9-10 pagi berikan bubur susu/jus buah
Siang hari berikan nasi lembek (contoh: nasi tim saring), dan
Sore hari berikan jus buah atau bubur susu atau makanan lumat lainnya.
Sesuai namanya, makanan pendamping ASI diberikan untuk "mendampingi" ASI agar nutrisi yang didapatkan anak menjadi lebih lengkap. Buatlah suasana makan yang menyenangkan bagi anak dengan makanan yang cukup bervariasi sehingga anak tidak bosan. Tidak masalah apabila Anda ingin menambahkan sedikit gula di dalam jus yang Anda buat agar tidak terlalu asam. Yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana membuat suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Pengenalan makanan pada anak memang butuh kesabaran. Bahkan terkadang dibutuhkan waktu lebih lama sebelum anak mau dan dapat menerimanya. Perilaku anak yang memuntahkan kembali makanan yang diberikan tidak serta-merta menandakan bahwa anak telah kehilangan selera makannya. Yang mungkin terjadi adalah anak sedang menempatkan diri dalam diet pemeliharaan tubuh. Janganlah putus asa dan terus mencoba memperkenalkan MPASI yang lain pada anak. Rajinlah untuk membuat variasi rasa dan bentuk makanan yang Anda buat hingga anak benar-benar mau dan dapat menerima.

Demikian Penjelasan yang dapat kami sampaikan,

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar