Sukses

Amandel

16 Mar 2017, 14:40 WIB
Wanita, 17 tahun.

Obat amandel apa ya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter
Halo Halisa

Penyakit amandel biasanya disebabkan infeksi bakteri yang menyebabkan amandel menjadi membesar akibat proses peradangan. Amandel yang membesar ini akan menyebabkan nyeri saat menelan makanan

Untuk amandel yang disebabkan oleh bakteri, maka untuk mengatasinya maka akan diberikan antibiotik. Selain itu dapat pula diberikan obat untuk mengurangi proses peradangan yang terjadi pada amandel tersebut.

Untuk operasi pengangkatan amandel, hanya dilakukan jika sudah ada indikasi yaitu berulangnya penyakit cukup sering dan terdapat gejala penyumbatan seperti gangguan tidur. Pasien yang sering mengalami penyakit ini dalam sebulan sampai beberapa kali, sering mengorok saat tidur, dan sering terbangun karena sesak maka sudah dianjurkan untuk dilakukan operasi pengangkatan amandel.

Tips mempercepat pemulihan proses penyembuhan:

Hindari minuman dingin,
Jauhi es krim,
Hindari minuman soda,
Jangan makan makanan yang digoreng
Hindari makanan manis
Perbanyaklah minum air putih hangat.

Bila ternyata sering berulang, dalam sebulan hingga 3 kali mengalami penyakit ini dan terdapat gangguan saat tidur, segera konsultasi ke dokter spesialis THT untuk dipikirkan langkah selanjutnya apakah perlu dilakukan operasi pengangkatan amandel atau tidak.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar