Sukses

Ciri Kanker Payudara

16 Mar 2017, 14:30 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya kemarin saya baca artikel.. Apa benar jika puting payudara masuk ke dalam termasuk kanker.. Mohon beri penjelasan, cara pencegahan dan penyebabnya apa?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah benjolan tersebut dapat digerakkan? Adakah rasa nyeri pada benjolan? Apakah Anda menemukan tanda-tanda peningkatan ukuran pada benjolan tersebut? Sudahkah Anda membandingkan dengan payudara sebelahnya, adakah benjolan yang sama? Terlalu dini untuk mendiagnosis suatu benjolan sebagai kanker, sebab masih ada kemungkinan lain, misalnya infeksi, tumor jinak, dll. Untuk memeriksanya dengan lebih baik, kami sarankan Anda mengunjungi dokter bedah.

Benjolan merupakan gejala paling sering yang menjadi tanda waspada kanker payudara. Namun, kanker payudara dapat memberikan gejala lain selain benjolan.

Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut:

  • Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.
  • Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.
  • Perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.
  • Nyeri pada payudara.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar