Sukses

Mengatasi Anak Sulit Makan

16 Mar 2017, 12:08 WIB
Pria, 4 tahun.

Anak saya usia 4 thn. Laki2. Sulit makan, saat ibunya dirumah, anak menjadi sangat manja dan cengeng, juga penakut. Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih banyak.

Halo, terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter

Kesulitan makan pada anak merupakan masalah yang sangat umum dialami orangtua. Bahkan secara psikis sebenarnya anak memang cenderung lebih manja dan mencari perhatian bila berada di sekitar orang terdekatnya, termasuk orangtua. Inilah yang menjadi dasar mengapa penting bagi orangtua untuk menetapkan aturan dan bersikap disiplin terhadap anak sehingga anak tahu kapan ia bisa bermanja, kapan ia harus melakukan rutinitasnya. Hal tersebut juga berlaku untuk jam makannya.

Secara umum, beberapa penyebab yang menyebabkan anak tidak mau makan diantaranya adalah :

  1. Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki, dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.
  2. Minum susu terlalu banyak. Padahal setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi susu! Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir orangtua
  3. Bosan dengan menu
  4. makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.
  5. Anak sedang dalam fase 'negativistik'. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak.
  6. Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih.

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral.

Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi.

Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi.

Sebagai panduan Anda memantau tumbuh kembang anak, silahkan mengunjungi Tumbuh Kembang Anak. Semoga anak Anda selalu dalam keadaan sehat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar