Sukses

Hamil saat sedang Pengobatan TB

16 Mar 2017, 11:35 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok.saya lagi rutin pengobatan tb.kelenjar selama 6bln sd/selesai...belum selesai pengobatan saya positif hamil 1bln...tp dalam kondisi lemah kandungan...apakah boleh saya hamil dalam kondisi pengobtan tb.kelenjar...saya takut trjadi pada janin lw di teruskan pengobtan...lw berhenti pengobatan tb nya jd kebal kuman nya...jd saya harus gmn dok...

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Obat anti TB (OAT) lini pertama (Rifampisin, Isoniazid, Pirazinamid, dan Etambutol) aman digunakan selama kehamilan. Obat TB yang tidak aman untuk kehamilan adalah Streptomisin, obat ini seringkali dipergunakan bila obat TB biasa (seperti rimstar) tidak mempan lagi. Anda tidak perlu ragu menggunakan obat anti TB pada kehamilan baik untuk TB paru maupun TB luar paru (kelenjar, usus, tulang, dll), dan tidak perlu menghentikan obat anti TB bila selama pengobatan ternyata hamil. Konsumsi obat anti TB selama kehamilan akan menyelamatkan ibu dan bayinya dari sakit TB. Selain itu juga akan membebaskan orang sekitar dari risiko tertular penyakit ini.

Hal yang perlu dipersiapkan dalam kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol. Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar