Sukses

Kram Perut, Keputihan Berbau saat Hamil

16 Mar 2017, 11:25 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya hamil, tetapi pernah mengeluarkan darah banyak seperti halangan selama 3hari. Dan setelah itu saya test lagi masih positif. Dan sering merasa kram perut yg hebat dan keputihan yg berlebihan dengan warna yang bercampur darah dan berbau. Apakah yang menyebabkan hal itu dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Nyeri perut pada ibu hamil merupakan salah satu keluhan yang seringkali ditemukan saat ibu hamil melakukan kontrol kehamilan. Sebenarnya tidak semua nyeri timbul akibat suatu kelainan yang serius, terutama apabila hanya dirasakan sesekali, seperti pada kasus Anda. Pengaruh gas dalam perut, penekanan organ oleh rahim yang membesar, peregangan dan penebalan ligamentum penahan rahim, perubahan posisi tiba-tiba, dan konstipasi juga dapat menyebabkan keluhan yang serupa.

Cairan vagina yang berlebihan bisa terjadi pada saat kehamilan. Penyebabnya antara lain karena perubahan kadar hormon estrogen, serta terjadinya peningkatan aliran darah ke daerah vagina saat kehamilan. Jika keputihan saat hamil berwarna putih atau abu-abu disertai bau amis terutama setelah berhubungan seksual, kemungkinan keputihan disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika keputihan saat hamil berwarna kuning disertai bau, vagina terasa gatal dan berwarna merah, serta rasa tidak nyaman saat berkemih dan berhubungan seksual, kemungkinan keputihan disebabkan oleh bakteri trichomoniasis yang berasal dari infeksi akibat berhubungan seksual.

Penanganan untuk keputihan abnormal tergantung dari penyebabnya, seperti:

  • Pemberian obat antimikotik seperti mikonazol untuk penanganan infeksi jamur.
  • Pemberian metronidazole untuk penanganan trichomonas vaginitis dan bakteria vaginosis.

Saran kami jika keluhan berlangsung terus menerus dan sangat mengganggu, segera periksakan diri ke dokter kandungan Anda agar segera mendapat penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar