Sukses

Berbagai Penyebab Nyeri Kepala

14 Mar 2017, 10:17 WIB
Pria, 65 tahun.

Pak dok ayah saya sakit kepala brkepanjangan udah 1 tahun menderita tak kunjung sembuh, sudah di priksain sudah banyak minum obat tp masih sering kambuh.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan Anda mengenai nyeri kepala ayah Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Apakah salah satu kondisi berikut dialami ayah Anda?

Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migrain dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Struktur kepala tertentu sensitif terhadap nyeri, sedangkan otak sendiri tidak sensitif terhadap nyeri. Struktur kepala tersebut adalah :

  • Kulit kepala
  • Aliran darah ke kulit kepala
  • Otot kepala dan leher
  • Pembuluh darah di rongga sinus
  • Pembuluh darah di daerah selaput otak
  • Serabut saraf otak ( saraf cranial V,IX,X )
  • Pembuluh darah besar di otak besar
  • Bagian dari selaput otak yang merupakan dasar dari otak

Gangguan yang terjadi pada salah satu struktur kepala tersebut dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk memastikannya, tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sulit untuk kami menentukan penyebab keluhan ayah Anda, jika hanya berdasarkan keluhan yang Anda utarakan.

Karena nyeri kepala ayah Anda sudah satu tahun dan sudah minum obat namun tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda membawa ayah Anda ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lengkap dan pengobatan sesuai dengan penyebab dari nyeri kepala tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar