Sukses

Usia Kehamilan Berdasarkan HPHT dan USG Berbeda

16 Mar 2017, 08:42 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok sy mau bertanya.. hpht sy tgl 27 januari, nah baru tgl 8 maret sy cek pake TP 2x hasilnya positif. Bru lah bsk nya sy k dokter, mnurut perhitungan dokter dilihat dr hpht nya uk skitar 6/7 minggu. Stelah itu br lah d cek dgn usg perut, hasil dr usg itu GA 4w5d dgn GS 0,91 cm . Apakah itu normal y dok? Mohon pnjelasannya, krna dr yg periksa sy blg klo itu kecil tdk sesuai perhitungan hpht nya. Sy masi bingung dok..

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Perhitungan kehamilan memang dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu melalui perhitungan manual dengan hari pertama haid terakhir (HPHT) dan perhitungan melalui Pemeriksaan USG janin. Perhitungan melalui HPHT hanya dapat dipercaya apabila siklus menstruasi Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Perhitungan HPHT juga umumnya lebih dapat dipercaya pada trimester pertama perkembangan janin dikarenakan pemeriksaan USG yang belum adekuat. Kekurangannya adalah ibu seringkali lupa akan kepastian tanggal hari pertama mengalami haid terakhir sebelum hamil, sehingga perhitungan ini tidak jarang meleset dari usia kehamilan sebenarnya.

Apabila sudah memasuki trimester ketiga. Perhitungan usia kehamilan lebih baik dilakukan melalui pemeriksaan USG. Hal ini dikarenakan pemeriksaan USG pada trimester ketiga sudah lebih baik dan lebih akurat karena ukuran janin yang sudah cukup besar.

Teori di atas pun telah dibuktikan melalui penelitian. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya. Meski demikian, perlu diingat bahwa hasil tersebut pun memiliki kemungkinan kesalahan (meski tidak terlalu besar), mengingat sifatnya yang operator-dependen (bergantung pada operator/pemeriksa).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar