Sukses

Bengkak, Merah, dan Nyeri di Mata Kaki Akibat Tergores

16 Mar 2017, 03:12 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, tman sya baru2 in mendapat mslah ksehatan, mslahnya tman saya dpat luka gores tpat d bagian pergelangan kaki bagian dalam[tempat urat] atau Mata kaki [Angkle] , saat itu kakinya membekak, dan merah dibgian luka it. Teman saya kesulitan untuk brjalan krna luka it, keesokan harinya dia lihat ada 2 urat kaki memerah seketika. Sampai saat ini teman saya agak kesulitan untuk berjalan. Ap sih dok penyebabnya,, solusinya jga Thank you

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Yang teman Anda alami adalah cedera pada jaringan lunak sekitar mata kaki yang menyebabkan peradangan, kemerahan, dan nyeri.

Untuk mengatasinya lakukan "RICE", yaitu:

  • Rest. Istirahatkan kaki Anda sebisa mungkin, jangan berikan beban/aktivitas yang berlebihan.
  • Ice. Gunakan kompres es batu yang dibungkus handuk selama 20 menit, beberapa kali sehari. 
  • Compression. Untuk mencegah bengkak dan memar yang berlebihan, gunakan perban elastis atau kassa steril dibalut di sekitar jari.
  • Elevation. Untuk mengurangi bengkak, elevasi/angkat daerah yang cedera agar lebih tinggi dari jantung pada saat Anda istirahat. Ganjal kaki Anda (di bagian pergelangan kaki) dengan bantal agar letak jari kaki lebih tinggi dari jantung.

Teman Anda dapat pula mengonsumsi obat seperti ibuprofen untuk mengurangi bengkak dan nyeri. Jika luka goresan dalam dan lebar, perlu dilakukan penjahitan. Bila terinfeksi, akan keluar cairan kuning kehijauan (nanah). Nyeri dan bengkak yang terjadi pun dapat semakin hebat.

Untuk memastikannya, sebaiknya bawa teman Anda ke dokter. Jika ada infeksi, perlu diberikan antibiotik.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar