Sukses

Kiat-kiat Pemulihan Pasca Patah Tulang

16 Mar 2017, 02:02 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok gimnaa klo sama patah tulank di Mata Kaki luar sblah kanan dan di jahit di kaki,karna da pendarahan di dalam.. Apa asupan2 makanan dan minuman yg baik?? Skrang saya sdah di oprasi dan di gibs... sdah berjalan 4hari smpe skrang... Terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Secara umum, lama penyembuhan patah tulang biasanya 6-12 bulan. Namun, waktu penyembuhan ini dapat bervariasi bergantung pada jenis patah  tulang (terbuka atau tertutup), jenis, lokasi, derajat kerusakan dan perdarahan yang terjadi.

Yang Anda alami ialah patah tulang di bagian kepala (maleolus lateralis) tulang betis. Untuk mendukung proses pemulihannya, berikut yang dapat Anda lakukan:

  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral untuk membentuk kembali jaringan yang rusak.
  • Konsumsi suplemen kalsium, vitamin D dan vitamin C. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang, vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, sedangkan Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang. 
  • Hindari aktifitas atau gerakan yang memberikan beban terhadap tulang yang patah.
  • Hindari merokok.
  • Lakukan latihan atau rehabilitasi untuk menambah kekuatan otot dan mempercepat penyembuhan. Mengenai jenis latihan yang dapat dilakukan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter umum, dokter spesialis kedokteran olahraga, dokter spesialis rehabilitasi medik, atau dokter spesialis ortopedi.

Di samping itu, jangan lupa untuk melakukan kontrol rutin dengan dokter yang merawat Anda, termasuk pemeriksaan rontgen ulang untuk memastikan penyembuhan tulang pada tempatnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar