Sukses

Nyeri Pinggang Tanda Batu Ginjal?

15 Mar 2017, 16:36 WIB
Pria, 19 tahun.

Satu bulan yang lalu saya merasakan sakit pinggang belakang terus saya meminum obat penghilang nyeri tetapi selama satu minggu rasa nyeri pada punggung saya masih ada dan sangat mengganggu padahal saya tidak ketinggalan untuk meminum air yang banyak

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Dari yang Anda sampaikan, masih ada beberapa kemungkinan yang dialami, yaitu batu ginjal atau nyeri punggung/pinggang akibat hal lain.

Kami akan menjelaskan lebih banyak terkait batu ginjal.

Batu ginjal merupakan endapan atau kristal dari kalsium (paling banyak), kolesterol, atau asam urat. Batu ini paling sering terbentuk didalam ginjal atau ureter (saluran kemih yang menghubungkan antara ginjal dengan kandung kemih). Namun dapat juga terbentuk dalam kandung kemih ataupun uretra (saluran yang menghubungkan antara kandung kemih dan alat kelamin).

Batu ginjal dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur. Kebanyakan dari batu ginjal yang terbentuk keluar bersama dengan urin tanpa menimbulkan keluhan. Jika batu ginjal berukuran besar (lebih dari 2-3 mm), barulah dapat menimbulkan keluhan karena tersumbatnya saluran kemih.

Biasanya, jika ukuran batu ginjal sangat kecil, batu tersebut akan keluar secara alami melalui ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih).

Anda baru akan merasakan sesuatu jika ukuran batu lebih besar dari ureter. Pada saat akan buang air kecil, batu akan bergesekan dengan dinding ureter sehingga menyebabkan iritasi atau bahkan luka. Ini sebabnya pada urine terlihat darah. Batu juga bisa menyumbat ureter atau uretra (saluran akhir pembuangan urinee ke luar tubuh) sehingga pengeluaran urine terhambat.

Gejala-gejala lainnya dari batu ginjal dapat meliputi:

  • Nyeri punggung bawah yang berkepanjangan, kadang terasa sampai selangkangan. Pada penderita pria, nyeri juga terasa pada testis dan skrotum.
  • Sakit perut bagian samping dengan durasi bervariasi, mulai dari hitungan menit sampai jam.
  • Gelisah.
  • Tidak dapat berbaring dengan tenang karena sulit mencari posisi yang nyaman.
  • Mual.
  • Lebih sering buang air kecil dari biasanya.
  • Sakit saat buang air kecil.

Sekitar 90 % dari batu ginjal yang berukuran 4 mm dapat keluar dengan sendirinya melalui urin. Namun, kebanyakan batu berukuran lebih dari 6 mm memerlukan intervensi. Pada beberapa kasus, batu yang berukuran kecil yang tidak menimbulkan gejala, dapat diobservasi selama 30 hari untuk melihat apakah dapat keluar dengan sendirinya sebelum diputuskan untuk dilakukan intervensi bedah. Tindakan bedah yang cepat, perlu dilakukan pada pasien yang hanya mempunyai satu ginjal, nyeri yang sangat hebat, atau adanya ginjal yang terinfeksi yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Obat yang dapat diberikan sejenis NSAID (obat peradangan non-steroid) atau analgetik golongan narkotika untuk mengurangi nyerinya.

Beberapa yang dapat dilakukan untuk mencegah batu ginjal adalah :

  • Minum banyak air putih sehingga produksi urin dapat me jadi 2-2,5 liter per hari
  • Diet rendah protein, nitrogen, dan garam
  • Hindari vitamin C berlebih, terutama yang berasal dari suplemen
  • Hindari mengonsumsi kalsium secara berlebihan

Kami sertakan pula beberapa artikel berikut untuk menambah informasi Anda:

Untuk artikel terkait nyeri punggung/pinggang lainnya dapat Anda baca di sini: Kemungkinan Penyebab Nyeri Pinggang.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar