Sukses

Gigi Rusak dan Membuat Minder

15 Mar 2017, 22:27 WIB
Pria, 37 tahun.

Gigi saya rusak dokter... sebelumnya gigi sy sakit dan sy kasih obat sakit gigi cap kakak tua..tp tiba tiba gigi saya menjadi rusak...dan sy seorang perokok. gigi sy rusak dan klu sy gosok gigi..gigi sy selalu berdarah...dan sakit...jd sampai skrg sy tak berani sikat gigi lagi.. tp setiap berbicara dengan orang lain saya selalu minder dan akhirnya sy menjadi aga pendiam... tp ada untungya pasangan saya mau terima apa adanya saya.. yg jd pertanyaan sy dokter..bisa kah gigi sy d perbaiki..dan berp biayanya...dikarenakan kehidupan sy hanya cukup untk makan saja. trmksh atas waktunya dokter

Halo Huwan,

Terimakasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter dan mohon maaf atas keterlambatan dalam penjawaban.

Kami memahami keadaan yang alami. Memiliki gigi yang rusak memang bisa berdampak pada psikis dan membuat kepercayaan diri seseorang berkurang. Dalam menanngani gigi yang rusak memang dibutuhkan semangat dan usaha yang keras. Kerusakan gigi bila tidak langsung dirawat sampai tuntas, akan mengakibatkan kerusakan lanjutan yang parah. Kami sarankan untuk membuat perubahan kebiasaan anda dalam merawat gigi.

Solusi untuk mengatasinya, kami menganjurkan agar Anda berkomitmen dalam menyelesaikan masalah gigi anda satu persatu hingga tuntas, tidak putus di tengah jalan. Pertama-tama lakukan pembersihan karang gigi, karena gusi berdarah dapat disembuhkan dengan pembersihan karang gigi. Lalu bila ada sisa akar gigi harus dicabut. Jika ada gigi berlubang harus ditambal. Dengan ini keadaan gigi anda lama-lama akan mengalami perbaikan. Untuk area gigi yang ompong/dicabut, ganti dengan gigi palsu supaya mengembalikan fungsi kunyah yang normal. Jika gigi sakit saat disikat, dugaan kami anda memiliki gigi yang sensitif. Ganti sikat gigi anda dengan sikat gigi yang berbulu lembut lalu ganti pasta gigi anda dengan pasta gigi khusus gigi sensitif. Jangan hentikan rutinitas menyikat gigi, karena menyikat gigi adalah perawatan dasar yang harus dilakukan oleh seseorang yang masih memiliki gigi.

Periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan diagnosa serta rencana perawatan yang tepat. Memang jika sudah memiliki banyak masalah gigi, biaya akan semakin mahal. Oleh karena itu, periksakan gigi secara rutin 6 bulan sekali, bila tidak ada keluhan. Dengan cara ini maka perawatan akan dapat dilakukan pada tahap awal, belum terjadi kerusakan parah, sehingga biaya perawatan gigi menjadi lebih murah. Perkiraan biaya suatu perawatan gigi di setiap klinik atau rumah sakit sangat bervariasi tergantung lokasi dan fasilitas yang diberikan.

Agar anda dapat memulai perawatan gigi tanpa biaya yang besar, gunakan program BPJS yang disediakan oleh pemerintah. Namun ada batasan-batasan mengenai perawatan apa saja yang dapat diberikan. Untuk perawatan gigi dasar, bisa mendatangi dokter gigi yang berpraktek pada klinik yang bekerja sama dengan BPJS atau puskesmas kecamatan.

Baca artikel terkait pertanyaan anda:

- Kiat Menghindari Tagihan Pengobatan Gigi Yang Mahal.

Demikian kami sampaikan, Semoga jawaban kami dapat membantu anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar