Sukses

Keputihan Berbau, Bahayakah?

15 Mar 2017, 20:27 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok mau tanya nih, knpa leher saya sering merentak bunyi kalau di gelengkan dgn spontan , apakah ada masalah dengan urat atau syaraf pada leher, mohon petunjuknya, dan satu hal lagi keputihan pada wanita setiap bulan apakah wajar, warna keputihan cendrung warna kuning dan berubah menjadi hijau, kada bau kada tidak berbau, mohon pentunjuknya tks

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bunyi 'krek-krek' yang dihasilkan saat sendi digerakkan merupakan hal yang normal. Bunyi tersebut merupakan bunyi pecahnya "gelembung" udara di dalam cairan pelumas sendi. Tidak ada cara untuk menghilangkan nya, karena hal tersebut adalah normal. Yang harus diperhatikan adalah menghindari kebiasaan tersebut.

Kebiasaan membunyikan jari ini memiliki kemungkinan efek samping berupa cidera pada ligamen yang mengelilingi sendi atau dislokasi tendon. Hindari dengan sengaja membunyikan sendi.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. Keputihan yang abnormal memiliki ciri-ciri berwarna putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, jumlah banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, nyeri buang air kecil).

Jika keputihan termasuk keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam, yang bukan tidak mungkin menyebabkan terjadinya gangguan kesuburan. Namun secara langsung, keputihan tidak terkait dengan kemunduran siklus haid. Selain itu, hubungan seksual akan terganggu karena tentunya tidak mengenakkan bagi diri sendiri dan pasangan. Tentunya rasa gatal, panas, yang diakibatkan keputihan akibat infeksi ini akan sangat mengganggu kenyamanan sehari-hari. Keputihan yang abnormal seperti ini sebaiknya diobati menggunakan regimen yang diberikan oleh dokter kulit Anda.

Berikut adalah tambahan gaya hidup yang baik untuk menghindari timbulnya keputihan abnormal:

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Kami sarankan Anda berobat ke dokter kulit untuk memastikan jenis penyakit Anda lewat pemeriksaan secara langsung.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar