Sukses

Iskemia Anterior

15 Mar 2017, 17:45 WIB
Pria, 30 tahun.

Assalamualaikum.. Saya najmi dr Riau.. Tgl 07-03-2017 yg lalu saya cek kesehatan untuk persyaratan CPNS... Dr hasil EKG hasil iramanya ad masalah di v2- v3 Dan kesimpulannya turn ischemia interior. Gejala sesak nafas sdh saya rasakan sejak duduk d bangku SMU pada saat itu jika saya duduk lama akan terasa sesak,akan tetapi 1 thn terakhir ini tidak hanya duduk lama, klo ada aktivitas fisik yg banyak menggunakan tangan akan timbul sesak klo pun saya bawa istirahat tidur sesaknya jg tidak hilang.. Saudara kandung ibu saya dari yang pertama sampai yang ke tiga memang ada riwayat jantung, termasuk ibu saya.. Yang saya pertanyakan apakah penyakit jantung yg saya alami sekarang bisa dari keturunan dan pemeriksaan lanjutan apa yang harus saya lakukan...? Terima kasih...

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Iskemik anterior merupakan gambaran rekam jantung pada Penyakit jantung koroner (PJK), yang terutama disebabkan oleh proses aterosklerosis (pembentukan plak dalam pembuluh darah) yang merupakan suatu kelainan degeneratif, meskipun dipengaruhi oleh banyak faktor salah satu nya faktor keturunan juga bisa. Namun faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti obesitas, jarang berolahraga, konsumsi alkohol dan merokok dapat juga berperan. 

Gejala klinisnya adalah Nyeri dada iskemik yang khas (seperti ditekan benda berat dan menjalar ke leher, lengan kanan dan punggung) dapat disebabkan oleh angina pektoris stabil (APS), angina pektoris tidak stabil (APTS) atau IMA (infark miokard akut). Keluhan nyeri dada yang memerlukan perhatian secara serius memiliki karakteristik sebagai berikut :

Nyeri dada yang baru dirasakan (< 1 bulan)
Perubahan kualitas nyeri dada, seperti meningkatnya frekuensi atau beratnya nyeri dada, atau nyeri dada yang dirasakan saat istirahat
Nyeri dada yang tidak hilang dengan istirahat atau dengan pemberian nitrat sublingual
Gejala lain yang mungkin menyertai adalah sesak napas, perasaan melayang dan pingsan (sinkop).

Bila dilakukan pemeriksaan fisik dapat ditemukan hipertensi, pembesaran jantung dan kelainan bunyi jantung dan bising jantung.

Namun hasil pemeriksaan EKG saja tidak dapat dijadikan patokan dalam menegakkan diagnosis ini. Adakah dari gejala-gejala diatas yang anda rasakan?

Selain itu perlu juga dilakukan konfirmasi dari pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya seperti echocardiography. Untuk itu kami anjurkan anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang menangani anda. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar