Sukses

Hasil Pemeriksaan Urine

15 Mar 2017, 16:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Saya habis tes urine ada beberapa keterangan yang tidak saya mengerti. Darah (haem) urine : Pos 3 (50/uL) Kristal : amorph (+) Keterangan lainnya negatif. Artinya apa ya dok pada 2 keterangan yang saya tuliskan tadi . Trimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami masih memerlukan beberapa informasi terkait hasil pemeriksaan urine tersebut. Apakah terdapat keluhan yang Ibu rasakan saat ini? Apakah Ibu telah memeriksakan diri ke dokter terkait dengan keluhan tersebut? Atas indikasi apa, Ibu melakukan pemeriksaan urine?

Hematuria merupakan kondisi dimana terdapat darah dalam urine. Hematuria dapat terjadi secara makroskopis (perubahan warna urine terlihat secara kasat mata, urine berwarna merah atau coklat) atau mikroskopik (perubahan warna tidak terlihat secara kasat mata, namun pada pemeriksaan laboratorium terdapat sel darah merah). Umumnya, <2 sel darah merah/LPB (lapang pandang besar) dapat ditemukan pada urine normal. Lebih dari itu, dapat dikatakan hematuria.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hematuria adalah:

  • Infeksi saluran kemih
  • Batu saluran kemih
  • Batu ginjal
  • Penyakit ginjal polikistik
  • Peradangan pada ginjal akibat penyakit autoimun
  • Karsinoma sel ginjal

Sementara kristal amorf (Na, Mg, atau Ca) merupakan kristal yang bentuknya tidak spesifik, dapat terbentuk pada urin yang bersifat asam, dan biasanya berwarna kuning atau kuning kecoklatan. Kristal amorf dapat ditemukan pada urine orang normal, tetapi dapat juga berhubungan dengan terbentuknya batu ginjal.

Hasil pemeriksaan penunjang saja, seperti pemeriksaan urine yang Anda sampaikan tidak dapat dijadikan penentu untuk menegakkan diagnosis. Oleh karena itu, kami anjurkan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang berhubungan dengan keluhan Anda. Dari keseluruhan pemeriksaan tersebut akan dapat ditentukan penyebab keluhan Anda dan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar