Sukses

Telinga Kanan Tidak Dapat Mendengar

15 Mar 2017, 13:35 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok telinga kanan saya sakit dari kecil,dan kini sdh tidak bisa mendengar. Akhir2 ini malah berdarah,masih dapatkah telinga kanan saya sembuh dok? Terimakasih

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Keluhan Anda adalah nyeri di telinga dan tidak dapat mendengar sejak kecil. 

Pada dasarnya, Terdapat tiga jenis utama dari gangguan pendengaran:

Gangguan pendengaran konduktif terjadi dari masalah di liang telinga. Gendang telinga atau telinga tengah tidak dapat mengirimkan suara secara efektif ke telinga bagian dalam. Masalah ini dapat disebabkan oleh infeksi telinga, tumor, atau benda (seperti penumpukan lilin) di telinga.

Kehilangan pendengaran sensorineural seringkali disebabkan oleh kerusakan sel-sel rambut di telinga bagian dalam. Penyebab potensial lainnya termasuk kerusakan pada saraf atau otak. Jenis gangguan pendengaran sering disebabkan oleh usia-terkait perubahan saraf dan sel-sel sensorik dari telinga bagian dalam.

Gangguan pendengaran campuran adalah kombinasi dari gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural, yang berarti bahwa mungkin ada kerusakan di telinga luar atau tengah, serta di telinga bagian dalam (koklea) atau saraf pendengaran. Kehilangan pendengaran campuran dapat disebabkan oleh cedera kepala, infeksi kronis, atau kelainan bawaan.

Pada tuli sebagian, keadaan fungsi pendengaran berkurang namun masih dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan atau tanpa bantuan alat dengar. Sedangkan tuli total adalah keadaan fungsi pendengaran yang sedemikian terganggunya sehingga tidak dapat berkomunikasi sekalipun mendapat pengeras suara.

Saat ini dikenal beberapa cara untuk membantu pendengaran seperti;

Alat bantu dengar (ABD), adalah suatu perangkat elektronik yang berguna memperkeras suara yang masuk ke dalam telinga, sehingga si pemakai dapat mendengar lebih jelas suara yang ada disekitarnya. ABD dibedakan menjadi beberapa jenis; jenis saku, jenis belakang telinga, jenis ITE (In The Ear), jenis ITC (In The Canal), dan jenis CIC (Completely In The Canal). Selain itu masih ada lagi jenis khusus seperti jenis kaca mata, hantaran tulang, dan lainnya.
Assistive Listening Device (ALD), adalah perangkat elektronik untuk meningkatkan kenyamanan mendengar pada kondisi lingkungan pendengaran tertentu seperti menonton televisi, mendengarkan telpon, mendengar suara bel rumah, atau pada saat berada di aula / auditorium. ALD dapat digunakan tersendiri atau dipasang pada ABD dengan maksud mengoptimalkan kerja ABD.
Implantasi koklea, merupakan perangkat elektronik yang mempunyai kemampuan menggantikan fungsi organ pendengaran koklea untuk meningkatkan kemampuan pendengaran dan berkomunikasi pada pasien tuli saraf berat dan tuli total kedua telinga.

Kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan fisik telinga dan pemeriksaan penunjang (seperti audiogram telinga) bila diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar