Sukses

Posisi Tidur dan Bentuk Tulang Rusuk

15 Mar 2017, 04:02 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, bagai mana cara memperbaiki tulang rusuk yang kotak (tidak melengkung) akibat terlalu lama tidur telentang saat pulang sekolah (±3bulan) sambil bermain gadget hingga berjam jam.

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Perlu kami tanyakan terlebih dulu, bagaimana Anda bisa mengetahui tulang rusuk yang berbentuk kotak tersebut? Apakah sudah pernah melakukan rontgen dada?

Tulang rusuk manusia memiliki beberapa variasi. Perbedaan ukuran pada bagian kanan dan kiri pun ditemukan, namun biasanya kecil dan tidak nampak oleh mata. 

Variasi tulang rusuk yang paling sering ditemukan adalah pectus carinatum dan pectus excavatum. Pada pectus carinatum, tulang dada menonjol ke depan, seperti dada burung. Sedangkan pada pectus excavatum, tulang dada masuk ke dalam. Kedua kondisi ini biasanya tidak menimbulkan gangguan apapun. 

Variasi ini sifatnya bersifat kelainan bawaan. Sedangkan posisi tidur jarang sekali mempengaruhi bentuk tulang rusuk.

Bila Anda sering tidur telentang untuk bermain gadget, ada baiknya batasi kegiatan tersebut tidak lebih dari 1 jam per hari. Lebih baik waktu yang tersisa digunakan untuk aktifitas yang lebih produktif dan lebih membuat tubuh bergerak.

Berikut beberapa artikel seputar gadget yang dapat Anda baca:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar