Sukses

Berat Badan Sulit Naik dan Mudah Marah, Apakah Hipertiroid?

15 Mar 2017, 11:47 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, kenapa saya susah sekali menambah berat badan? Pola makan saya teratur dengan gizi seimbang. Bahkan nafsu makan saya relatif besar dibanding teman teman lainnya. Dg BB 44 kg dan TB 155 cm, saya nampak kurus dan bbrp tulang di tubuh nampak menonjol (di punggung tangan misalnya). Selain keluhan diatas, kulit tubuh saya juga terasa kering (kecuali di wajah berminyak dan berjerawat), rambut kering & mudah rontok. Saya khawatir mengalami hipertiroid, sebab selain hal diatas, saya juga mengalami berbagai geja seperti telapak tangan yang hangat dan lembap, siklus menstruasi tidak teratur, mudah marah & emosional. Mohon bantuannya dokter. Terimakasih

Terimakasih atas telah menggunakan fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah berat badan susah naik, rambut kering dan rontok, mudah marah, telapak tangan lembab dan siklus haid tidak teratur. Keluhan Anda memang bisa mengarah kepada gejala hipertiroidisme. 

Tiroid merupakan salah satu organ yang berada di bagian tengah leher (di bawah adam's apple) dan menghasilkan hormon yang banyak berfungsi mengatur sirkulasi di dalam tubuh. Hipertiroid adalah kondisi overproduksi hormon tiroid (T3 danT4) dan berakibat meningkatkan metabolisme tubuh dan saraf simpatis sehingga menimbulkan gejala yang Anda rasakan tersebut. Gejala-gejala lain termasuk:

Penurunan berat badan
Peningkatan nafsu makan
Merasa cemas atau iritabel
Tremor -- tangan dan jari bergetar
Banyak berkeringat
Perubahan pola menstruasi
Peningkatan sensitivitas terhadap panas
Perubahan pola gerakan usus (meningkat)
Pembesaran kelenjar tiroid
Merasa letih, otot lemas
Sulit tidur

 

Untuk dapat memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan. Pemeriksaan penunjang yang umumnya dilakukan untuk mengkonfirmasi diagnosis hipertiroidisme adalah tiroksin dan TSH (tes tiroid), tes penampungan yaodium radioaktif dan scan tiroid. Jika penyebab telah diketahui maka penangana yang diberikan oleh dokter dapat lebih optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar