Sukses

Bagaimana Memperkirakan Usia Kehamilan

15 Mar 2017, 00:01 WIB
Wanita, 20 tahun.

Mau tanya dok, kalo umur kandungan itu selain di hitung dengan cara HPHT ada ngga ya dok? Soalnya sbg laki kan gatau sma haid trahirnya si istri, taunya hub pertama, sy hubungan pertama pda tgl 5febuari klo di tgl 13 maret di USG akurat kandungan seharusnya dah brapa minggu dok ?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter. 

Mengenai pertanyaan Anda, untuk menjawabnya memang memerlukan data tanggal HPHT agar dapat dihitung perkiraannya. Salah satu cara yang paling umum untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan melakukan perhitungan menurut HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Cara ini tidak memerlukan peralatan khusus dan dapat dipergunakan oleh orang awam. Tetapi, banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.

Cara lainnya adalah dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Dalam prosedur USG kehamilan sudah ada standar-standar ukuran tertentu yang dipergunakan untuk memperkirakan usia kehamilan. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan USG dan perhitungan usia kehamilan.

Demikian, semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar