Sukses

Solusi Stress Akibat Ujian

14 Mar 2017, 17:57 WIB
Wanita, 14 tahun.

Selamat siang dok, saya remaja smp berusia 14 tahun, akhir akhir ini saya terlalu banyak memikirkan tentang ujian nasional saya untuk ke SMA, kenapa ya dok, setiap kali saya tidur pukul 9 malam setelah belajar dan bangun pukul 3 pagi untuk belajar kembali, kepala saya selalu pusing, mata saya berkunang-kunang, badan saya sangat lemas, otak saya seperti ada getaran perlahan , terkadang juga wajah saya pucat, setiap saya bekerja sedikit saja saya sudah lelah, jika saya lelah, hal yang hadir pertama adalah kepala saya sakit, apakah saya kurang tidur? sehari maksimal tidur saya 1 jam (siang) dan 5-6 jam (malam). apakah saya kekurangan darah(anemia) ? apa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, saya meminta tolong pada dokter untuk menjabarkannya, terima kasih, selamat siang.. 😊


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apabila mengacu pada cerita yang Anda paparkan maka kemungkinan Anda mengalami stress akibat ujian.

Stres dan kondisi psikis seseorang dapat mempengaruhi status kesehatan. Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau rangkaian keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya kondisi ketika seseorang mengalami tekanan mental (stres), yang diikuti oleh berbagai keluhan kesehatan seperti rasa sesak, cemas, berdebar-debar, peningkatan asam lambung, sakit kepala, dan sebagainya.

Cobalah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Lakukan kegiatan positif dan produktif seperti bersosialisasi, olahraga, menulis, dan sebagainya untuk mengindari perasaan marah/sedih atau gundah yang Anda rasakan. Berdoa, tenangkan diri dan terus berpikir positif.

Untuk mengatasi nyeri kepala yang Anda rasakan, Anda dapat meminum obat penghilang rasa nyeri sementara yang dijual dipasaran seperti parasetamol, ibupofen, asam mefenamat, atau metampyrone.

Apabila dengan obat pereda rasa nyeri, sakit kepala tidak berkurang atau justru frekuensinya semakin meningkat , maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut. Namun, apabila Dokter yang Anda kunjungi menyatakan bahwa kondisi kesehatan Anda normal, maka pertimbangkan untuk menemui Psikiatri karena kemungkinan gejala yang Anda alami ini bersifat psikosomatis.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar