Sukses

Apakah Benar Air Kelapa dapat Mengobati Sakit Lambung

14 Mar 2017, 18:11 WIB
Pria, 35 tahun.

Mlm dok apa benar air kelapa muda bisa di jadikan alternatif obat asam lambung dan sariawan trimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Menjawab pertanyaan Anda, iya memang air kelapa dapat digunakan sebagai alternatif terapi asam lambung. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mempunyai efek yang baik terhadap kesehatan saluran pencernaan. Di dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa air kelapa bisa mengurangi gejala maag, seperti rasa mual, kembung, dan rasa nyeri ulu hati.

Jadi, bagi penderita maag yang sering kambuh, air kelapa dapat dikonsumsi sebagai salah satu alternatif cara untuk meringankan gejalanya.

Pada kasus-kasus penyakit maag, peradangan terjadi di dalam dinding lambung seseorang, hal inilah yang menyebabkan timbulnya gejala seperti mual, kembung, nyeri ulu hati, dan tidak napsu makan. Pada dinding lambung yang sedang mengalami peradangan, dinding tersebut tidak dapat menyerap air dan gula dari makanan. Selain itu, biasanya juga terjadi kehilangan beberapa mineral esensial, seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

Air kelapa mengandung zat yang disebut dengan tanine. Zat tersebut dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dalam lambung. Dengan berkurangnya peradangan yang terjadi, gejala maag yang timbul juga akan semakin ringan.

Oleh karena itu, karena air kelapa yang banyak mengandung vitamin, mineral, serta gula bisa digunakan sebagai terapi alternatif untuk mengatasi kelainan pada pencernaan.

Tidak hanya sampai di situ, air kelapa juga dapat menyembuhkan infeksi ringan yang terjadi di dalam tubuh. Kandungan asam laurat yang terkandung di dalam air kelapa mempunyai komponen antikuman.

Ketika asam laurat masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengubah asam laurat ke dalam bentuk monolaurin atau sebuah komponen yang mempunyai kemampuan melawan infeksi.

Sedangkan air kelapa untuk mengatasi sariawan sampai saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan keterkaitan kedua hal tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

1 Komentar

  • Suk******n Bahri

    Selamat siang . Kebetulan saya sedang ada gangguan asam lambung naik ..bolehkah saya .inum air kelapa setiap hari..dan di waktu kapan sebaiknya saya minum air kelapa ..mohon penjelasan Dok.. Terima kasih sebelumnya