Sukses

Pertolongan Pertama Pada Cedera Kepala

14 Mar 2017, 11:48 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat siang dok, ada yang mau saya tanyakan, kebetulan kasus ini tidak terjadi kepada saya. Apa penanganan pertama yang tepat (sambil menunggu tenaga medis ahli untuk datang ataupun dibawa langsung ke rumah sakit) untuk seseorang yang kepalanya terbentur keras ketika sedang bermain sepak bola ataupun futsal, terbentur kepala pemain lain ataupun terbentur pada lantai atau benda tumpul lainnya ? seperti pada video berikut : https://www.youtube.com/watch?v=VfvEDyZuyfU Terima kasih sebelumnya atas jawaban dokter.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com,

Pada penderita cedera kepala yang kemudian jatuh tidak sadarkan diri, maka pertolongan pertama kepadanya berupa langkah berikut:

  1. Segera setelah korban terjatuh dan tampak tidak bergerak, hampiri dan pastikan tanda-tanda kehilangan kesadaran (mata tidak membuka, dipanggil tidak merespon, diberikan rangsang sakit tidak berespon, maka korban tidak sadarkan diri)
  2. Panggil bantuan tenaga medis terlatih
  3. Amankan kondisi sekitar (hindari mengerubungi korban agar oksigen di sekitar tidak berkurang). Pada penderita cedera kepala dikhawatirkan terjadi cedera leher, maka jangan pindahkan posisi korban kecuali oleh tim terlatih agar tidak terjadi pertambahan cedera leher
  4. Cek apakah jantung masih bekerja dengan mencari denyut nadi di arteri karotis di leher. Bila tidak ada, segera lakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP). Penekanan dada pada RJP akan menggantikan fungsi pompa jantung untuk mencegah otak rusak akibat kehilangan aliran darah. Teknik dan cara RJP yang trpat harus dipelajari dan dipraktikkan lewat kursus Basic Life Support (BLS)
  5. Bila nadi di karotis ada, cek apakah pernapasan lancar dengan merasakan apakah ada aliran nafas di hidung, dada terangkat ritmik, atau ada bunyi napas. Bila tidak ada, buka jalan napas. Pada curiga cedera leher, buka jalan napas dengan teknik Jaw Thrust. Teknik ini akan menghindari perberatan cedera leher sementara mencegah lidah jatuh dan menutup jalan napas (seperti yang dilakuakn oleh rekan Fernando Torres). Bila tidak ada pernapasan, lanjutkan dengan pemberian napas buatan.

Lanjutkan RJP maupun pemberian napas buatan bila dibutuhkan, hingga tim kesehatan terlatih datang. 

Adapun agar mahir dalam pertolongan pertama seperti yang disebutkan di atas, Anda dapat mengikuti kursus BLS yang rutin diadakan oleh perhimpunan kesehatan jantung. Anda akan memberikan manfaat besar bagi orang-orang disekitar Anda.

 Demikian informasi yang dapat kami berikan. Smeoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar