Sukses

Mengatasi Gigi Berlubang

14 Mar 2017, 17:08 WIB
Pria, 24 tahun.

mengatasi gigi yg berlubang

Halo Arifin,

Terimakasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keluhan yang anda alami. Gigi yang berlubang memang tidak boleh dibiarkan tanpa perawatan dari dokter gigi, selain dapat menyebabkan bau mulut gigi berlubang juga bisa berdampak sangat serius bagi kesehatan gigi itu sendiri dan kesehatan tubuh. Perawatan yang diperlukan pada gigi Anda tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Untuk mengatasi gigi berlubang maka dapat dilakukan perawatan tambal gigi. Namun bila kerusakan gigi sudah mencapai tempat saraf maka perlu dilakukan perawatan saraf gigi. Bila gigi sudah tidak bisa dilakukan perawatan saraf maka  gigi harus dicabut.

Sebelum tindakan pencabutan gigi, dokter gigi akan memastikan apakah gigi tersebut sudah tidak sakit (bila mengunyah atau ditekan), tidak ada peradangan ataupun infeksi. Biasanya gigi yang sudah mengalami infeksi diberikan obat terlebih dahulu untuk menyembuhkan radang dan menghilangkan sakitnya. Apabila tindakan pencabutan dilakukan pada saat infeksi belum sembuh, maka zat anestesi/ obat bius yang disuntikkan untuk membuat kebal saraf gigi tidak akan berfungsi. Sehingga menyebabkan gigi yang telah disuntik berkali-kali tidak akan kebal/ baal. Maksimum dosis suntikan zat anestesi adalah 8 ampul per hari, lebih dari itu tidak disarankan karena akan menyebabkan intoksikasi. Pada pasien yang mengkonsumsi alcohol di hari sebelum pencabutan akan mengalami kenaikan kebutuhan dosis zat anestesi dan seringkali membuat zat anestesi tidak dapat bekerja secara optimal.

Tidak mau kan giginya dicabut? Oleh karena itu penting sekali untuk mencegah terjadinya lubang pada gigi yang sehat dan bila gigi telah berlubang maka harus ditambal. Kunjungan kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali sangat diperlukan guna menditeksi dini lubang pada gigi yang tanpa gejala dan membutuhkan perawatan.

Berikut artikel terkait pertanyaan Anda.

Rupa-rupa Tambalan Gigi

Gigi berlubang, Jangan Takut Bor

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Penyebab Gigi Berlubang?

Inilah Biang Kerok Sebenarnya Gigi Berlubang

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar