Sukses

Mata Minus dan Persalinan

13 Mar 2017, 12:33 WIB
Wanita, 28 tahun.

Salam dok. Saat ini saya sedang hamil 5 bln dan kebetulan mata saya minus sktar 4.5 Yang saya ingin tanyakan apakah saya masih bisa melakukan persalinan secara normal apakah harus sesar?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Mengenai kelainan refraksi pada mata khususnya mata minus, sebenarnya tidak ada batasan secara tegas pada minus berapa masih dibolehkan melahirkan normal artinya resiko komplikasi pada mata tidak ada jika melahirkan normal.

Beberapa studi menunjukkan bahwa tidak terdapat efek buruk melahirkan normal terhadap retina mata. Tidak terbukti bahwa mengejan dapat meningkatkan tekanan dalam mata. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Graefe’s Archive for Clinical and Experimental Ophthalmology, ditemukan bahwa dari 10 wanita yang dipelajari (yang sebelumnya terdiagnosis mengalami degenerasi lattice hingga memiliki riwayat retina lepas), semuanya tidak mengalami perubahan kesehatan retina dari sebelum hingga sesudah melahirkan.
Beberapa studi lain juga memberikan hasil yang hampir serupa.
Hal yang bisa direkomendasikan adalah apabila Anda memiliki minus yang tinggi (terutama memiliki riwayat terdiagnosis degenerasi lattice atau retina lepas) dan merencanakan untuk melahirkan normal, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi ke dokter spesialis mata terlebih dahulu untuk memeriksakan kondisi mata. Hasil pemeriksaan akan menentukan, apakah Anda benar-benar memiliki risiko, maupun perlu atau tidaknya penanganan pencegahan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar