Sukses

Ingin Merapihkan Gigi Yang Menumpuk Berapa Biayanya?

14 Mar 2017, 08:10 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau nanya seputar gigi, gigi saya tidak normal/rapi, tepatnya di bagian gigi central saya cuma ada 1 karena gigi 1nya lagi tumbuh di atas dibagian gusi,saya ingin memperbaiki susunan gigi saya agar rapi seperti normalnya org2. Nah kira2 saya harus berobat ke ahli gigi atau rs yaa?dan mohon perkiraan harganya berapa ?

Halo Rudy,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami rasa khawatir Anda. Gigi yang posisinya tidak rapih dan menumpuk tentu saja sangat mengganggu baik dari segi estetik juga dari segi kesehatan. Untuk memastikan perawatan yang tepat guna didapatkan susunan yang rapi dan perbaikan estetik diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Dalam merapikan posisi gigi dapat dilakukan perawatan orthodonti atau kawat gigi .

Tujuan utama dari perawatan orthodontik atau kawat gigi tidak hanya untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi atau hubungan gigit antara gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan

Biaya yang perlu dibutuhkan untuk perawatan ini cukup bervariasi Untuk memberikan gambaran pada Anda mengenai biaya perawatan orthodonti di daerah jakarta dan sekitarnya berkisar Rp 5.000.000 sampai belasan juta bahkan ada yang puluhan juta tetapi juga ada klinik yang menawarakan dibawah harga-harga tersebut. Pada tiap kontrolnya ada biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp 200.000 sampai beberapa ratus ribu.

Memang perawatan di dokter gigi membutuhkan biaya lebih besar dibanding ke tukang / ahli gigi. Jelas dikarenakan dokter gigi menuntut ilmu kedokteran gigi, sedangkan tukang / ahli gigi tidak. Dalam prakteknya banyak orang terkena bujukan/ajakan teman/saudara untuk mendatangi tukang / ahli gigi dengan alasan cepat dan murah. Memang beberapa kasus bisa tertangani dengan aman, namun banyak juga yang mengeluhkan bahwa tindakan yang diberikan tukang gigi tidak memuaskan dan pada akhirnya tetap akan berobat ke dokter gigi. Dengan ini anda mengeluarkan biaya perawatan 2 kali lipat lebih besar dibanding seharusnya jika anda langsung berobat ke dokter gigi. Sehingga anda rugi biaya, waktu dan tenaga.

Perlu Kami ingatkan dan tekankan bahwa dalam melakukan perawatan dan pengobatan harus dilakukan oleh tenaga ahli yang kompeten dalam bidangnya dan jangan melakukannya pada pihak yang tidak mumpuni serta tidak kompeten. Lakukanlah perawatan ini pada dokter gigi spesialis ortodonti atau dokter gigi yang memang mempunyai keahlian dalam ilmu ortodonti atau merapikan posisi gigi. 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar