Sukses

Anak Sering Begadang

14 Mar 2017, 08:15 WIB
Wanita, 27 tahun.

Salam dok.. Saya mempunyai anak berusia 2 tahun 6 bulan.dia sering sekali begadang,tidur selalu diatas jam 10 malam,padahal tidur siangnya hanya 1-1,5jam saja dan aktip bermain.setiap jam 9 sudah saya kondisikan untuk tidur tapi tetap tidak bisa tidur cepat.kalopun tidur pasti gelisah malah cenderung tidur nyenyak dari jam 3 malem sampai jam 8 pagi.paginya saya paksakan untuk membangunkannya,tp bila dibiarkan bisa sampai jam 9 pagi baru bangun.mohon info dan bantuannya dok terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi anak Anda saat ini.

Setiap manusia memerlukan tidur untuk memulihkan tenaganya, begitupun dengan anak Anda. Dan jumlah waktu tidur pada anak cenderung lebih klama dibandingkan orang dewasa, yaitu sekitar 10-12 jam. Jadi sangat wajar bila anak anda bangun siang jika memang baru memulai tidur tengah malam.

Pada anak, tidur diyakini memiliki kontribusi pada perkembangan otaknya. Namun membuat anak tertidur sendiri memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Anak Anda tidak serta-merta lahir dengan disertai pengetahuan mengenai cara tidur yang benar. Tidur adalah kemampuan yang perlu dipelajari dan memerlukan bantuan untuk dikuasai oleh anak Anda.

Saat lahir, bayi masih bingung antara siang dan malam. Oleh sebab itu akan lebih baik untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik lebih awal. Cara terbaik yang dapat diajarkan orangtua adalah dengan menjadikan suasana senang dan gembira selama siang hari, dan membuatnya tenang bahkan membosankan pada malam hari.

Selain itu anda juga perlu mengenali faktor-faktor yang dapat membuat anak sulit untuk memulai tidurnya dimalam hari. Penyebab pemicu gangguan tidurnya sangat beragam, yaitu:

  • faktor lingkungan seperti suara bising di rumah
  • gangguan penyakit seperti asma, alergi (batuk, bersin)
  • kesalahan pola tidur sejak lahir
  • tidur siang yang terlalu lama
  • depresi, stres, atau kecemasan pada anak
  • gangguan perkembangan seperti ADHD dan autisme

Kami sarankan sebaiknya Anda segera membawa anak Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau dokter spesialis psikiatri anak untuk dievaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar