Sukses

Memilih Pelembab Wajah

14 Mar 2017, 07:33 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat siang dok, usia saya 19thn saya bingung pake pelembab apa? pembersih wajah apa? masker wajah apa? krim pagi dan malam apa?. Saya pernah pakai produk dari garnier tapi wajah saya jadi gatal, muncul bintik2 putih gitu seperti komedo. Saya harus pakai produk apa ya dok? Terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Sebelum memilih pelembap, sebaiknya pilih dulu mana yang paling cocok dengan kondisi kulit Anda dan cermati kandungan yang dimiliki produk yang ada. Berikut ini adalah 4 panduan untuk dapat memilih pelembab lebih cermat:

1. Pastikan Memiliki Sun Protection

Apapun jenis kulit Anda, usahakan untuk memakai pelembap yang mengandung sunscreen atau tabir surya, terutama jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Dermatologis menyarankan mereka yang tinggal di negara tropis untuk selalu menggunakan pelembap yang mengandung sunscreen minimal 30SPF.

2. Pastikan Memiliki Kandungan Zat Antioksidan

Pelembab dengan kandungan antioksidan dapat membantu menetralkan efek radikal bebas (molekul yang dapat merusak sel kulit) pada kulit. Aman untuk kulit tipe apapun dan dapat membantu menjadikan kulit terlihat sehat dan segar. Antioksidan dapat ditemukan pada pelembap yang mengandung ekstrak green tea, chamomile, pomegranate atau licorice root.

 
3. Cermati Dahulu Jenis Anda:

Kulit Berminyak atau Mudah Berjerawat (acne-prone skin)
Jika kulit wajah Anda berminyak dan cenderung mudah berjerawat, pilihlah pelembap dengan komposisi bahan-bahan non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori wajah, salah satunya yang mengandung alpha-hydroxy acid, yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Ada baiknya Anda memilih pelembap yang berbentuk Krim yang teksturnya ringan dan memiliki bahan dasar air. Pelembap jenis ini paling cocok untuk mempertahankan kelembapan kulit tanpa membuatnya terasa lengket.

Jenis kulit kering
Untuk kulit kering, gunakan pelembap dengan tekstur lebih tebal atau kental seperti Ointment (salep) atau yang mengandung Hyaluronic-acid dan Dimethicon untuk mempertahankan kadar air pada kulit. Bahan lain yang juga bermanfaat untuk menahan kadar air pada kulit adalah Glycerin, Propylene glycol, Proteins, Lanolin, Urea, Mineral Oil serta Petrolatum.

Jenis kulit sensitif
Jika kulit Anda sensitif dan mudah terkena iritasi, gunakan pelembap yang hypoallergenic dan tidak mengandung parfum. Untuk mudahnya, pilihlah pelembap yang menggunakan tidak lebih dari 10 bahan, karena semakin sedikit bahan maka semakin sedikit risiko reaksi alergi pada kulit.

Eksim
Eksim ditandai dengan kulit sangat kering, terasa gatal dan berwarna merah. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan Petroleum Jelly atau salep yang mengandung Petrolatum untuk menjaga agar kulit tetap kenyal dan terhindar dari kekeringan. Hindari pelembap yang mengandung Urea atau Lactic Acid karena dapat memperparah kondisi kulit.

Kemudian jangan sampai Anda melakukan hal berikut ini ketika menggunakan pelembap:

4. Jangan Menggabungkan Pelembap untuk Wajah dan Badan

Wajah dan badan pada dasarnya memiliki kondisi kulit yang berbeda. Sebaiknya hindari pemakaian pelembap badan yang mengandung Lanolin, Mineral Oil, Wax dan Shea Butter pada wajah karena bahan-bahan tersebut justru dapat menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar