Sukses

Nyeri Gigi saat Mengunyah dan Plak Hitam

13 Mar 2017, 23:02 WIB
Pria, 18 tahun.

Saya sering Merasakan nyeri ketika mengunyah di gigi bawah sebelah kiri, itu kenapa? Dan ada plak hitam juga

Halo Fahri,

Terimakasih telah mengggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter. Kami memahami kondisi yang anda alami. Sebelumnya kami akan meluruskan bahwa plak hitam yang anda maksud bisa bermacam-macam penyebabnya. Noda Hitam bisa disebabkan oleh 2 hal, yaitu noda hitam akibat Noda atau staining pada permukaan gigi dan noda hitam akibat gigi keropos. Noda hitam yang disebabkan oleh factor makanan, minuman mengandung zat pewarna dan kebiasaan merokok akan meninggalkan noda atau staining di permukaan enamel gigi bahkan bisa masuk ke pori-pori gigi namun tidak mengikis gigi. Oleh karena itu tidak mudah dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Stain bisa membuat gigi terlihat menguning, kusam dan gelap. namun bisa dihilangkan dengan pembersihan karang gigi. Dan untuk memengembalikan agar gigi putih kembali dapat dilakukan perawatan pemutihan gigi (teeth whitening/bleaching).

Lalu Noda hitam yang tampak mengikis gigi sebenarnya merupakan lapisan dentin gigi (berwarna kuning) yang rusak terinfeksi kuman sehingga mengalami kekeroposan. Lapisan dentin yang terinfeksi mengadakan proteksi terhadap karies sehingga membentuk lapisan proteksi (reparative dentin) untuk menahan agar kuman tidak menembus ke dalam kamar pulpa (rongga di dalam gigi berisi saraf dan pembuluh darah). Noda hitam jenis ini hanya bisa dibersihkan dengan cara menghilangkan bagian hitamnya dengan bur gigi. Prosedur ini biasa dilakukan oleh dokter gigi, sebelum melakukan penambalan pada gigi tersebut.

Sedangkan rasa nyeri yang anda alami saat mengunyah bisa jadi merupakan gejala dari gigi retak atau gigi tersebut mengalami peradangan di ujung akarnya.

Oleh karena itu sebaiknya anda memeriksakan keadaan gigi anda ke dokter gigi agar dapat ditangani dengan segera dan nyeri gigi tidak berlanjut.

Demikian kami sampaikan, Semoga jawaban kami dapat membantu anda. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar