Sukses

Kekurangan Kalium

13 Mar 2017, 22:28 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo dokter. Dokter saya memiliki beberapa kecemasan. Pertama begini, saya mengalami hipokalemia, sehingga untuk aktivitas berat menyebabkan kaki saya sulit digerakkan, kaku, seperti habis olahraga. Kedua saya kekurangan vitamin D. Vitamin D saya hanya 9 dari minimal 30. Saya umur 17, berat saya 36, tinggi saya 145. Saya cemas sekali dokter. Umur saya dan postur tubuh saya sangat tidak sesuai. Saya takut apakah saya akan bisa tinggi? Mengingat vitamin D saya hanya 9. Apa yang harus saya lakukan agar vitamin D saya cepat naik sedangkan saya sekolah full day berangkat jam 6 pagi pulang jam 5 sore. Tentu karna hipokalemia saya tidak bisa berolahraga berat(berenang, angkat beban, sit up back up,dll padahal saya juga sudah rutin konsumsi air degan ijo sehari dua. Makasih banyaaak dokter.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com
Kami mengerti kekhawatiran Anda. Hipokalemia dapat disebabkan karena:

  1. Kurangnya sumber asupan kalium (meskipun jarang sekali menyebabkan hipokalemia jika tidak disertai dengan pengeluaran kalium berlebihan oleh tubuh
  2. Kehilangan banyak cairan seperti diare, muntah berkepanjangan, terlalu banyak berkeringat, kehilangan cairan karena prosedur operasi.
  3. Konsumsi obat-obatan tertentu seperti: diuretik (hidroklorotiazid, furosemid, anti-jamur, amfoterisin B, cisplatin-obat kanker)
  4. Pada pasien dengan diabetes, mungkin terjadi diabetik ketoasidosis yang menyebabkan banyak kehilangan kalium dalam urin
  5. Gangguan ginjal dapat menyebabkan pengeluaran kalium berlebihan dalam urin

Sebagian besar makanan yang kita makan sebenarnya mengandung kalium. Sumber terbaik kalium adalah dari buah-buahan dan sayuran segar. Pilihan terbaik antara lain adalah: kentang, jeruk, wortel, kubis, dan bawang . Sumber kalium terbesar lainnya adalah biji-bijian, seperti kacang-kacangan, gandum, salmon, sarden, bawang putih dan peterseli. Dan makanan paling tinggi kalium adalah buah pisang. Maka apabila makanan tersebut sudah mencukupi kebutuhan kalium seseorang, tidak diperlukan lagi pemakaian obat-obatan.

Namun, apabila kondisi hipokalemia Anda terjadi terus menerus, kami menyarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar