Sukses

Tidak Haid Selama KB Suntik

13 Mar 2017, 22:15 WIB
Wanita, 24 tahun.

Slmt mlm, dok sya mau tanya , sya udah lma mengunakan kb suntik 3bulan, hmpir mau 3taun belum pernah dapat had samasekali, apakah stelah berhnti kb, bisa langsung hamil lagi tnpa ada nya had, meski baru 1bulan pemberhentian kn

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.
Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kontrasepsi suntikan merupakan salah satu metode kontrasepsi hormonal yang banyak digunakan. Kontrasepsi suntikan terdiri dari KB 1 bulan dan KB 3 bulan.

KB 3 bulan merupakan kontrasepsi hormonal yang mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan.

 

Bila Anda merasa tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsi tersebut. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda. Namun jika Anda tidak merasa ada masalah maka Anda dapat terus menggunakan metode KB ini. Jika keluhan ini dirasakan sangat menganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar