Sukses

Penanganan Maag

13 Mar 2017, 21:40 WIB
Pria, 45 tahun.

Sudah lebih setahun saya menderita kelebihan asam lambung kata dokter spesialis di kota saya. Dilhat dari gejalany sering sesah nafas di area leher saya sperti ada yg nyangkut. Perut gembung dan tidak nyaman. Bahkan d punggung saya sakit semua rasany. Dokter telah memberi obat saya omeprazol dan vometa. Stiap hari sya minum. Tpi blum jga ada perbahan. Sesak dan gak enak bdan trus. Sress Sedih rasany dok kok belum ada perubahan utk sehat. Gimna caranya dok menanggulanginy. Trims sebelumny

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Menangani asam lambung berlebih tentu bukan perkara mudah, selain obat-obatan tentunya modifikasi gaya hidup Anda harus diubah. Berikut kami sertakan tips untuk menangani maag Anda.

1.Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
2.Hindari dahulu konsumsi coklat, keju, kopi atau teh.
3.Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
4.Jangan terlambat makan
5.Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
6.Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Jika ternyata dengan mengubah pola hidup Anda tidak mengalami perubahan juga, sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar