Sukses

Pemantauan Pasien CABG

13 Mar 2017, 20:46 WIB
Pria, 66 tahun.

3 tahun yang lalu saya operasi CABG dan juga menidap diabet. Pertanyaan: Jam berapa (timing) sebaiknya - minum Simvastatin (10 mg) 1X1 sehari - minum Valsartan (80mg) 1X1 sehari - minum Aptor (100mg) 1X1 sehari - suntik Lantus Solostar 20 unit

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari berbabagi obat yang Anda sampaikan, yang memerlukan waktu khusus adalah Lantus, dimana lantus perlu disuntikkan pada jam yang sam setiap harinya. Jangan lupa untuk kontrol rutin ke dokter spesialis penyakit dalam untuk kontrol diabetes Anda, dan jangan lupa mengecek profil lipid Anda. Tak lupa untuk berhenti merokok, jika Anda merokok. Izinkan kami menjelaskan tentang operasi bypass.

Arteri koroner merupakan pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke jantung. By pass atau dalam bahasa medis disebut CABG adalah prosedur bedah untuk membuat pembuluh darah baru yang nantinya akan melintasi pembuluh darah jantung yang menyempit dengan menggunakan pembuluh darah dari bagian tubuh lain.

Dokter spesialis bedah jantung melakukan pemasangan pembuluh darah pintas (Bypass Grafting) pada pembuluh darah koroner yang menyempit atau tersumbat. Bahan atau sumber graft dapat diambil dari pembuluh darah balik kaki, pembuluh darah arteri di belakang dinding dada atau dari pembuluh darah arteri di lengan.

Risiko/komplikasi dari operasi bedah pintas koroner adalah 2-3%. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah perdarahan, gangguan neurologis, gangguan fungsi ginjal sementara, dan infeksi luka operasi. Prosedur CABG dilakukan untuk memperbaiki kualitas hidup penderita penyakit jantung koroner.

Lebih dari 90% prosedur CABG menunjukkan hasil yang sangat baik setelah 20 tahun pasca operasi. Sehingga operasi tetap menjadi pilihan utama (gold standard} untuk penyakit ini. Perlu diingat bahwa pasien harus tetap mengatur pola hidup yang sehat setelah operasi.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar