Sukses

Benjolan Pada Paha

13 Mar 2017, 20:24 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya mau tanya,,dok di paha saya timbul benjolan namun tidak merasa sakit dan itu sudah timbul 1 bln yang lalu tetapi bebrapa hari ini benjolan tidak membesar namun tidak sakit,,apa yang harus aku lakukan ya dok karena memang tidak ngeluh sakit,,dan apakah berbahaya pada nantinya?trmakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami membutuhkan beberapa data tambahan untuk menganalisis apa yang terjadi pada Anda :

  1. sejak kapan benjolan tersebut terjadi?
  2. apakah semakin bertambah besar?
  3. sebesar apa benjolan tersebut? apakah berwarna sewarna kulit? apakah bila benjolan dipegang maka terasa mobile atau dapat digerakkan?
  4. adakah keluhan terhadap benjolan tersebut?

Apabila benjolan tersebut sudah lama, tidak mengganggu, tidak bertambah besar, maka kemungkinan benjolan pada daerah yang anda sebutkan adalah tumor jinak. Bisa berupa lipoma (tumor jinak yang berasal dari lemak) atau kista ateroma.

Terdapat bebeberapa tipe benjolan yang dapat timbul pada jaringan kulit. benjolan yang paling sering timbul adalah lipoma. lipoma adalah adalah tumor jinak yang tumbuh dibawah kulit dan merupakan endapan lemak dan mudah digerakkan dengan tangan. Lipoma tidak perlu diobati, namun bila lipoma menimbulkan gangguan (lokasi benjolan, nyeri) dapat dilakukan pengangkatan.

Selain lipoma, kemungkinan lain adalah kista. Kista adalah jaringan yang berkapsul atau berkantung. Kista dapat terisi oleh cairan, nanah maupun bahan lainnya. Biasanya diakibatkan oleh proses infeksi. Kista dapat hilang dengan sendirinya, namun bila tidak hilang dan menimbulkan gangguan dapat dilakukan pengangkatan jaringan.

Tumor jinak tersebut dapat dihilangkan dengan cara diangkat atau operasi kecil, tidak ada cara lainnya. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter umum atau dokter spesialis bedah.

Sekian, semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar