Sukses

Kulit Gatal dan Kemerahan Saat Hamil

13 Mar 2017, 13:53 WIB
Wanita, 23 tahun.

Terkadang badan saya sering gatal" dan keluar kemerah merahan apa itu bisa membahayakan buat kehamilan saya dok??

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.

Gatal-gatal pada kulit saat hamil merupakan hal yang umum terjadi, hal ini dapat disebabkan oleh meningkatnya suplai darah (sirkulasi) ke kulit, perubahan hormonal, ataupun peregangan kulit. Yang perlu diperhatikan adalah apabila gatal-gatal disertai munculnya bentol-bentol pada kulit. Jika disertai bentol, terdapat beberapa kemungkinan diagnosis yang perlu ditelusuri lebih lanjut oleh dokter, karena bisa merupakan keadaan yang abnormal. Umumnya keadaan ini muncul mendekati trimester /triwulan akhir.

Pada trimester akhir, gatal-gatal yang dirasakan memang bisa lebih hebat karena regangan kulit yang makin meningkat, namun jika gatal yang terjadi hebat dan terjadi pada seluruh tubuh, apalagi jika disertai gejala kuning pada kulit atau mata, bisa saja gatal tersebut disebabkan oleh gangguan hati yang terjadi pada kehamilan. Pada keadaan ini Ibu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Untuk saat ini, ada beberapa hal yang dapat Ibu lakukan untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Langkah-langkah lain yang dapat dilakukan adalah:

Hindari mandi menggunakan air panas yang dapat menyebabkan kulit kering dan gatal bertambah
Gunakan pelembab (yang tidak ditambahkan wewangian)
Gunakan pakaian yang lebih tipis dan jangan keluar di tenah panas matahari, karena panas dan keringat dapat menyebabkan gatal menghebat.
Jangan menggaruk daerah yang gatal
Jika perlu dapat dioleskan losio calamine (yang dengan tambahan minyak, bukan yang biasa) untuk mengatasi gatal
Jika belum teratasi juga, Ibu dapat mengkonsumsi obat oral antihistamin (sesuai anjuran dokter) untuk meredakan gatal
Kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang menangani Anda utuk dilihat dengan pasti ujud kelainan kulit sehingga mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat

salam

0 Komentar

Belum ada komentar