Sukses

Anak Mudah Marah dan Malas Belajar Sehabis Sakit

12 Mar 2017, 17:58 WIB
Wanita, 32 tahun.

Selamat Pagi Dokter, anak saya panas selama 2 hari dan flu, setelah diperiksakan dan diberi obat, sepulang sekolah yang dulunya tidak mau tidur siang sekarang tudur melulu.Anak saya kelas 2 SD dan sedang melaksanakan UTS, berangkat pkl 7 kemudian pulang pkl 9.15, nah sesampainya di rumah langsung tidur tidak mau makan terlebih dahulu. Malas belajar dan mudah marah, tetapi saya tetap menghargainya untuk tidak belajar terlalu lama karena masih penyembuhan. Kira-kira langkah seperti apa yang dapat saya lakukan? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi tanya Dokter KlikDokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda 

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab perubahan perilaku anak Anda. Anak Anda dapat saja masih merasa tidak enak badan atau sakitnya belum sembuh sempurna sehingga ia cenderung lemas. Bagaimana dengan pengobatannya apakah dilakukan hingga tuntas?

Anak yang sakit memang terkadang jadi malas makan, namun sebagai orang tua peran Anda lah untuk berusaha membuat agar ada asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anak. Asupan gizi yang baik dapat menunjang proses penyembuhan penyakit. Jangan paksakan anak untuk makan, ataupun memarahinya, ajaklah dengan cara yang menyenangkan. Buatlah makanan kesukaannya agar menggugah seleranya.

 

Untuk mengatasi anak malas belajar Anda dapat mengikuti tips berikut:

Terangkan arti pentingnya disiplin
Sangat perlu bagi anak untuk mendapatkan pelajaran tentang sikap disiplin sejak usia dini. Tanpa disiplin, sangat sulit bagi mereka untuk meraih kesuksesan kelak ketika mereka dewasa. Ceritakan kepada anak tentang kisah orang hebat yang sukses berkat sikap disiplin yang mereka miliki. Menginspirasi anak dengan cerita-cerita dari orang sukses akan sangat berguna untuk masa depan mereka.

Buatlah proses belajar menjadi menyenangkan
Buatlah proses belajar dan mengerjakan PR menjadi menyenangkan, misalnya membuat tugas sembari menyetel musik. Penyebab utama anak yang malas belajar biasanya karena membosankan, sehingga hal tersebut membuat mereka tertekan.

Beritahu keuntungan jika ia menjadi yang terbaik
Berikan pengertian kepada anak mengapa ia harus belajar dan mendapatkan nilai yang baik di kelas. Selain itu, jelaskan pula tentang semangat persaingan yang sehat tanpa perlu menyontek teman lain. Katakan juga kepada anak, jika ia berprestasi maka hal itu akan membuat Anda bangga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

salam

0 Komentar

Belum ada komentar