Sukses

Lidah Berwarna Putih dan Lendir di Tenggorokan

12 Mar 2017, 14:52 WIB
Pria, 23 tahun.

Malam dok,saya mau nanya, lida saya kok berwarna putih dan ditenggorokan saya seperti ada lendir.terimakasih dok.

Halo Reyhand,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation Tanya Dokter KlikDokter.com. Kami memahami kekhawatiran yang anda alami. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, bahwa lidah putih bisa merupakan suatu Kandidiasis. Kandidiasis merupakan istilah yang dipakai untuk infeksi jamur dari spesies Candida (Candida sp.), dengan jenis yang paling sering ditemukan adalah Candida albicans. Jamur ini dapat ditemukan dalam keadaan normal dalam jumlah kecil pada mulut, vagina, saluran pencernaan, dan kulit.

Dalam keadaan sehat, terdapat kuman lain dan sistem pertahanan tubuh yang menjaga berbagai kuman normal tubuh manusia. Bagaimanapun, pada keadaan dimana daya tahan tubuh menurun Kandida akan semakin mudah berkembang dan menyebabkan infeksi pada organ tempat jamur tersebut berkembang secara normal. Faktor yang menyebabkan candida albicans menjadi patogen atau merugikan adalah: a. keadaan seperti kekurangan nutirisi dan vitamin terutama vitamin B2

b. pengobatan dengan antibiotik dan steroid dalam jangka waktu lama

c. terapi radiasi,

d. kemoterapi,

e. kehamilan,

f. kebiasaan merokok,

g. pemakaian gigi tiruan yang tidak baik,

h. keadaan mulut kering,

i. penyakit yang melemahkan badan dan kekebalan tubuh seperti diabetes melitus, AIDS, dan leukimia.

Ada 4 macam oral kandidiasis dalam mulut:

- Acute Pseudomembranous candidiasis (Thrust).

- Acute atrophic candidiasis (Antibiotik sore mouth).

- Chronic atrophic andidiasis (Denture sore mouth).

- Chronic hyperplastic candidiasis (Candidal leukoplakia).

Dari masing-masing jenis infeksi jamur kandida tersebut mempunyai gambaran lesi yang berbeda-beda, untuk menentukan kelainan pada lidah Anda apakah terkait dengan infeksi ini maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung, anamnesa yang lebih mendalam serta pemeriksaan pendukung jika diperlukan. Konsultasikanlah masalah Anda pada dokter gigi atau dokter gigi spesialis penyakit mulut.

Sedangkan Lendir yang Anda rasakan di belakang tenggorokan, Mungkin saja Anda mengalami semacam alergi yang dapat menyebabkan post nasal drip (aliran cairan/ingus dari hidung ke tenggorokan/PND). PND biasanya terjadi pada penderita alergi. Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega. Makanan yang mengandung produk susu dapat mengentalkan lendir sehingga lebih terasa.

Apakah Anda penderita alergi? Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? Hidung mudah terasa gatal sekali bila terkena debu? Mata sering gatal? Apakah Anda penderita asma? Apakah ada alergi makanan? Semuanya di atas dapat menjadi tanda seseorang memiliki alergi. Sebelum mengobati, tentunya diperlukan diagnosis yang tepat dari keluhan Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT.

Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam secara teratur, dll.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar