Sukses

Batuk dan Dada Terasa Sesak

11 Mar 2017, 21:36 WIB
Pria, 29031997 tahun.

Dok, saya mau bertanya? Saya batuk dok, leher saya kaya panas gitu . Terus saya ngerasa sesak . Kalo tarik nafas itu gak lega kaya ditekan gitu .. Setiap mau bernafas itu gak lega . Kenapa ya dok? Saya kemarin ke dokter buat berobat katanya saya maag, perut gembung sehingga banyak gas didalam perut saya ini saya sblm batuk . Seminggu kemudian saya batuk, terus sesak dok pernapasan saya gak lega . Tolong dijwb ya dok , terimakasih🙏🙏

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang teman Anda rasakan. Apakah batuk dan sesak napas teman Anda terus menerus atau hanya pada malam atau pagi hari? Apakah ada demam, penurunan berat badan, keringat malam? Apakah ada keluhan lain? Apakah teman Anda ada riwayat asma/alergi/ maag?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah diantaranya adalah:

  • Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  • Asma
  • Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
  • Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung.
  • Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor)
  • Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Untuk memastikan paru-paru Anda tidak bermasalah diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan rontgen dada/x-ray, oleh karena itu kami sarankan untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam. Kami tidak dapat menentukan diagnosis suatu penyakit tanpa pemeriksaan fisik secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar