Sukses

Arti Keperawanan

11 Mar 2017, 17:44 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, kalau pernah berhub intim tapi pas pertama tidak mngeluarkan darah apa masih perawan? Sebelumnya juga tidak pernah terjadi kecelakaan.


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Saudara yang terhormat,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Istilah keperawanan di Indonesia dipercayai dengan adanya selaput dara pada liang vagina seorang wanita. Dan keperawanan dipercayai baru hilang kalau ada robekan pada selaput dara disertai darah saat pertama kali berhubungan seksual. Hal ini sebenarnya tidak tepat.

Definisi hilangnya keperawanan adalah sudah masuknya penis ke dalam vagina (penetrasi) atau sudah melakukan hubungan intim.

Selaput dara / hymen adalah selaput membran mukosa yang berada atau menutupi vagina bagian luar. Membran ini bersifat elastis dan bentuknya berbeda-beda. Ada yang berbentuk bulat, pori-pori, dan memiliki septa (batas) di tengahnya.

Memang pada umumnya selaput ini akan robek dan berdarah pada hubungan seksual yang pertama dimana saat itu terjadi penetrasi (penis masuk ke vagina) dan menyebabkan robekan. Namun untuk wanita yang memiliki jenis hymen yang elastis, sangat mungkin tidak terdapat robekan dan darah saat berhubungan seks pertama kalinya.

Banyak orang merasa kesakitan saat hubungan seksual untuk pertama kalinya. Namun sebenarnya bila foreplay (pemanasan) saat akan berhubungan intimnya cukup, rasa kesakitan tidak muncul.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar