Sukses

Blighted Ovum

11 Mar 2017, 10:58 WIB
Pria, 28 tahun.

siang dok, saya mau tanya nih dok... usia pernikahan saya baru menginjak bulan ke 5, setelah saya menikah kenapa ya menstruasi saya hanya bercak coklat aja , itu sudah saya alami 3 bulan belakangan ini, bulan lalu saya udah telat haid 1 minggu tapi tiba2 dtg bercak coklat aja, tidak ada keluhan sakit apa pun pada perut saya, kemaren saya sudah USG tapi hasil nya bagus dalam arti tidak ada penyakit ... kata teman- teman saya yg sudah pernah mengandung itu tanda-tanda kehamilan, tapi gak jadi karna mungkin kecapean atau hal yg lain... yg mau saya tanyakan lagi nih dok, emang bisa ya dok kalau mau hamil tapi tidak jadi karna faktor kecapean?? trims.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Apakah Anda pernah mlakukan test pack? Apakah dari USG tidak menunjukkan tanda-tanda kehamilan? Selain akibat kehamilan, bercak coklat tersebut juga dapat disebabkan ketidakseimbangan hormonal. Adapun hamil namun tidak jadi karena kelelahan tidak dikenal di dunia medis, kecuali proses keguguran akibat kelelahan. Namun tanda-tandanya adalah banyak bercak darah yang keluar dari kemaluan serta ada nyeri perut.

Kondisi tersebut dapat juga disebabkan oleh kehamilan kosong atau blighted ovum. Blighted ovum dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan/atau sel sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. Sayangnya blighted ovum tidak dapat dicegah, meski demikian, umumnya blighted ovum hanya akan terjadi satu kali pada ibu hamil. Dalam keadaan normal, disarankan boleh hamil lagi setelah 3 bulan atau menunggu 1-3 siklus menstruasi sebelum mencoba untuk hamil lagi. 

Paling baik adalah dengan memeriksakan diri Anda secara langsung ke dokter kebidanan dan kandungan. Sementara itu, jangan lupa jalani gaya hidup sehat seperti makan makanan sehat dan bergizi, berolahraga teratur, dan hindari stres.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar