Sukses

Nyeri Sendi pada Pinggul

11 Mar 2017, 10:24 WIB
Pria, 29 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau tanya, kenapa persendian kiri pinggul saya sering sakit, seperti ada pergeseran pada sendi, dulu saya sering menyimpan dompet di kantong belakang, mohon penjelasannya dan cara mengatasi nya secara alami, terima kasih dok

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Sudah berapa lama keluhan ini dirasakan? Apakah ada keluhan lain? Nyeri pada sendi biasanya diakibatkan oleh osteoartritis (OA). Keluhan yang sering dirasakan yaitu nyeri di sekitar sendi pinggul. Biasanya nyeri ini berkembang secara bertahap dan semakin lama semakin memburuk, walau juga bisa timbul tiba-tiba. Nyeri dan kaku seringkali paling mengganggu di pagi hari, setelah duduk atau beristirahat sejenak. Seiring berjalannya waktu, nyeri dapat timbul lebih sering, yaitu pada saat istirahat atau di malam hari. Gejala tambahan yaitu:

  • Nyeri di selangkangan atau paha yang menjalar ke bokong atau lutut
  • Nyeri yang muncul ketika melakukan aktivitas sedang hingga berat
  • Kekakuan pada sendi pinggul yang menyebabkan kesulitan berjalan atau membungkuk
  • Sendi 'terkunci' atau seperti 'menempel' dan timbul suara 'krek-krek' saat bergerak
  • Pergerakan pinggul terbatas sehingga pincang saat berjalan
  • Nyeri sendi semakin terasa ketika cuaca dingin

Untuk mengkonfirmasi keadaan ini, perlu dilakukan pemeriksaan rontgen tulang-tulang pinggul.

Osteoartritis karena merupakan bagian dari penuaan, sulit disembuhkan namun dapat dikurangi rasa sakit dan kekakuannya.

1. Perubahan gaya hidup:

Mengurangi aktivitas yang memperburuk kondisi, seperti naik tangga.
Bila suka berolahraga, hindari aktivitas-aktivitas high-impact seperti jogging atau tenis dan aktivitas yang banyak bertumpu pada tulang pinggul. Berenang dan bersepeda lebih baik karena tidak bertumpu pada tulang pinggul.
Turunkan berat badan untuk mengurangi tekanan pada sendi pinggul.
2. Fisioterapi dengan latihan-latihan khusus yang memperluas gerakan dan fleksibilitas, juga untuk memperkuat otot-otot pinggul dan kaki. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter dan fisioterapis untuk hal ini.

3. Menggunakan alat bantu untuk berjalan seperti tongkat atau walker ketika nyeri sangat mengganggu.

4. Obat-obatan seperti Parasetamol jika nyeri ringan, atau ibuprofen jika nyeri lebih berat. Jika nyeri sangat mengganggu, dokter bisa memberikan suntikan kortikosteroid yang dapat mengurangi peradangan, langsung pada sendi yang sakit.

Terapi pembedahan merupakan salah satu alternatif yang direkomendasikan dokter apabila keluhan ini membuat cacat dan tidak berkurang dengan terapi-terapi yang sudah disebutkan di atas.

Untuk saat ini, Anda dapat coba lakukan saran-saran di atas. Obat-obatan yang Anda sebutkan pun dapat diminum. Namun, bila tidak berkurang, segera hubungi dokter atau dokter spesialis tulang/ortopedi, agar didapat penanganan yang lebih tepat untuk kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar