Sukses

Sulit Jauh dari Ponsel

11 Mar 2017, 10:24 WIB
Pria, 18 tahun.

Tidak bisa jauh dari ponsel dan selalu resah

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com,

Coba banyak mengobrol dan berinteraksi dengan orang lain bu. Dengan menyibukkan diri berinteraksi di 'dunia nyata' maka Anda akan melupakan ponsel Anda. 

Perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi menyebabkan telepon genggam sudah tidak sekedar 'telepon', namun juga berisi banyak hiburan dan informasi yang menyebabkan seseorang dapat ketagihan untuk terus menggunakannya.

Hal yang Anda rasakan sangat wajar dan banyak orang yang mengalami. Namun berkomitmenlah untuk memperbaikinya. Jalan pertama adalah dengan tidak membiarkan diri Anda menggunakannya berlarut-larut. Coba atur jadwal dimana Anda boleh menggunakan ponsel. Perlahan-lahan, kurangi jumlah waktu tersebut. Misalnya berkomitmen untuk hanya menggunakan ponsel selama 1 jam pada siang, 1 jam pada sore hari, dan 1 jam pada malam hari. Atau Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan dan preferensi Anda. Semakin lama, Anda akan terbiasa dan tidak lagi memiliki dorongan untuk terus menggunakan ponsel.

Trik lainnya adalah dengan membatasi aplikasi yang membuat Anda 'ketagihan' untuk terus melihatnya. Dapat pula dengan membatasi layanan data ponsel Anda.

Kami sangat menyarankan agar Anda meningkatkan interaksi dengan orang lain, karena cara ini paling efektif untuk mencegah kecanduan ponsel. Mencari hobi dan melakukannya juga dapat menjadi pengalihan Anda dari ponsel.

 Demikian informasi yang dapat kami berikan,

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar