Sukses

Penyakit Menular Seksual

11 Mar 2017, 10:15 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok, sy ingin brtanya mengenai resiko penularan PMS. Sy dulu prnah sekali melakukan hubungan s*x dengan teman yg sering brgonta ganti pasangan s*x. Walaupun sy menggunakan kondom, sy tetap khawatir karna sy melakukan cunnilingus padanya. Apakah sy beresiko terkena PMS?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda

Penyakit Menular Seksual (PMS) dapat tertularkan melalui kontak seksual baik dengan proses hubungan intim via vagina, anal, atau oral. Infeksi dapat tertular dari wanita ke wanita atau dari pria ke pria. Perilaku seks bebas adalah faktor pemicu utama sebagai menularnya penyakit menular seksual . Jika dirincikan, sesuai data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, faktor risiko penularan HIV terbanyak adalah berikut ini:

  • Heteroseksual, yakni berkontribusi 58,7%
  • Injecting drug users (IDU) 17,5%
  • Penularan perinatal 2,7&
  • Homoseksual sebanyak 2,3 persen%

Infeksi Menular Seksual pada pria maupun wanita dapat dengan mudah dikenali lewat 3 gejala:

  • Duh tubuh: cairan yang keluar dari kemaluan yang tidak normal. Pada wanita biasanya disebut keputihan. Cairan yang tidak normal biasanya warnanya kehijauan, keabu-abuan, berbusa.
  • Nyeri berkemih, yaitu adanya keluhan saat buang air kecil seperti terasa sakit, perih, panas, anyang-anyangan.
  • Benjolan atau bintik. Terutama di area-area yang terkait dengan aktivitas hubungan seksual, seperti di daerah kemaluan, mulut dan rongga mulut, dubur/anus. Benjolan tersebut dapat berupa jengger ayam di daerah sekitar dubur atau kemaluan, pembesaran kelenjar getah bening biasanya di daerah lipat paha atau bintik-bintik berair seperti cacar air di daerah kemaluan atau mulut.

Jika Anda yakin diri Anda dan pasangan Anda benar-benar bersih, dalam artian tidak pernah berhubungan dengan orang lain dan tidak sedang terinfeksi penyakit menular seksual kemungkinan Anda dan pasangan terkena penyakit infeksi menular seksual sangatlah kecil bahkan hampir tidak mungkin. Namun hal ini dapat dipastikan bila Anda dan pasangan benar-benar bersih karena suatu penyakit menular harus memiliki sumber infeksi yang didapat terlebih dahulu. Untuk penyakit HIV dapat ditularkan tidak hanya melalui hubungan seksual tetapi juga dengan penggunaan jarum suntik bergantian. Jika tidak ada faktor risiko tersebut Anda dan pasangan kemungkinan tidak akan terkena penyakit menular seksual.

Untuk lebih pastinya Anda dapat berkonsultasi langdung dengan dokter dan melakukan pemeriksaan laboratorium seperti hepatitis, HIV, gonorea, herpes dan lain sebagainya untuk menyingkirkan kemungkinan PMS.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar