Sukses

Putus Obat TB

10 Mar 2017, 21:31 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya ada kenalan yang sudah diduga TB sehingga diberi obat tb dan sudah dikonsumsi selama 2 hari. Nah ketika konsultasi ke dokter lain, dia disarankan untuk rontgen ulang dan obat tb yg sudah ada jgn dikonsumsi dulu. Setelah hasil rontgen yg baru keluar, dia juga didiagnosa TB. Jadi keimpulannya, dia minum obat sudah 2 hari lalu berhenti selama 3 minggu (menunggu hasil rontgen) baru kemudian mengkonsumsi lagi sampai sekarang. Apakah itu termasuk putus obat dok dan apakah bakteri udah resisten? Pasien wanita 26 th, berat badan awal nya 49 lalu jadi 45 sejak sakit

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya untuk menegakkan TB diperlukan anamnesis (wawancara), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan dahak dan laboratorium. Pemeriksaan dahak merupakan pemeriksaan utama dalam menegakkan diagnosis TB paru, keberhasilan pengobatan dan potensi penularan. Jadi, harus dilakukan pemeriksaan sputum dalam menegakkan diagnosis TB paru. Adapun indikasi dilakukan rontgen ialah :

1.Hanya 1 dari 3 spesimen dahak SPS hasilnya BTA positif.

2. Ketiga spesimen dahak hasilnya tetap negatif setelah 3 spesimen dahak SPS pada pemeriksaan sebelumnya hasilnya BTA negatif dan tidak ada perbaikan setelah pemberian antibiotika non OAT(non fluoroquinolon).

3. Pasien tersebut diduga mengalami komplikasi sesak nafas berat yang memerlukan penanganan khusus (seperti: pneumotorak, pleuritis eksudativa, efusi perikarditis atau efusi pleural) dan pasien yang mengalami hemoptisis berat (untuk menyingkirkan bronkiektasis atau aspergiloma).

Namun kami tetap menyarankan agar Anda mengikuti segala anjuran dokter yang memeriksa Anda. Jika terdapat kekhawatiran akan pengobatan Anda, segera tanyakan permasalahan yang Anda khawatirkan kepada dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar