Sukses

Ingin Memiliki Anak Kedua

10 Mar 2017, 16:06 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok q wanita 30 thn sy pngn tmbh momongan,skrg ank sy yg pertm umur 7 thn 4 bln dan sy sdh lepas kontrasepsi sjk juni 2016 biar cpt hml gmn dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Dalam dunia medis ada yang disebut dengan infertlitas sekunder, yaitu kondisi pasangan yang belum dikaruniai keturunan selama satu tahun apabila istri berusia di bawah 35 tahun, atau 6 bulan apabila istri berusia 35 tahun atau lebih, namun sebelumnya sudah pernah dikaruniai keturunan dan apabila berhubungan intim dengan frekuensi 2 hingga 3 kali perminggu tanpa menggunakan kontrasepsi.

Untuk mendapatkan keturunan tentunya dibutuhkan kerja sama dari kedua belah pihak, baik suami maupun istri.

Sudahkah Anda dan pasangan melakukan pemeriksaan menyeluruh?

Berikut adalah beberapa faktor pada suami maupun istri yang berpengaruh dalam kesuburan:

Suami

Tidak normalnya sperma,baik itu bentuk dan jumlahnya maupun pergerakannya.
Gangguan ereksi
Gangguan ejakulasi
Infeksi organ reproduksi

 

Istri

Infeksi pada vagina
Gangguan organ reproduksi
Tidak normalnya jumlah lendir pada vagina akibat pengaruh hormon sehingga dapat menghambat perjalanan sperma untuk bertemu dengan sel telur.

Kami sarankan Anda dan pasangan untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan beserta dengan Dokter Spesialis Andrologi, agar masalah yang melatarbelakangi gangguan kesuburan dapat ditemukan dan tata laksana terbaik dapat dipilih.

Anda dapat mencoba menambah asupan asam folat, yang sering diresepkan kepada Ibu yang sedang merencanakan kehamilan, atau pada saat hamil. Beberapa literatur medis menyebutkan bahwa konsumsi asam folat selama 1 tahun akan meningkatkan probabilitas wanita tersebut untuk hamil hingga 50%. Sedangkan pada laki-laki, asam folat berperan aktif dalam kestabilan DNA sperma yang tentunya berkaitan dengan kualitas sperma. Dosis asam folat yang direkomendasikan untuk pria dan wanita di atas usia 14 tahun adalah 400 mikrogram per hari.

Begitu juga dengan vitamin E, antioksidan yang ditengarai dapat memperlambat proses kerusakkan organ ini juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita, khususnya pada kaum pria. Dosis yang direkomendasikan adalah 200-600 IU per hari

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar